Indosat Ooredoo Hutchison Dorong Pertumbuhan Teknologi melalui AI Experience Center

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: M. Rifat

22 Agustus 2024 07:21 22 Agt 2024 07:21

Thumbnail Indosat Ooredoo Hutchison Dorong Pertumbuhan Teknologi melalui AI Experience Center Watermark Ketik
Peresmian AI Experience Center pertama Indonesia yang bertempat di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah 22 Agustus 2024. (Foto: Indosat Ooredoo Hutchison)

KETIK, SURAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meluncurkan AI Experience Center pertama di Indonesia yang bertempat di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah.

Program ini merupakan komitmen Indosat dalam mewujudkan tujuan besar untuk memberdayakan Indonesia melalui fasilitas teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI).

President Director and CEO IOH, Vikram Sinha menegaskan, AI Experience Center ini menjadi penanda penting dalam perjalanan IOH memberdayakan Indonesia melalui AI. 

Hal ini, kata dia, mempertegas komitmen Indosat dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia. Vikram mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Indonesia dan mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dalam mendorong Indonesia ke panggung global. 

"AI Experience Center ini menjadi penanda penting dalam perjalanan kami memberdayakan Indonesia melalui AI. Hal ini mempertegas komitmen kami dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia,” ujar Vikram.

Fasilitas tersebut didukung oleh konektivitas 5G yang terkenal kencang. Hal ini berfungsi untuk mendukung AI Experience Center sebagai katalis bagi inovasi, memperkuat pengembangan sumber daya manusia siap AI, dan membawa manfaat bagi masyarakat dari pemanfaatan AI.

Vikram menjelaskan, Indosat AI Experience Center bermitra dengan sejumlah raksasa teknologi seperti Huawei untuk memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, seperti smart city management, seni, industri makanan, serta industri kreatif.

Fasilitas ini akan menjadi awal bagi AI Center of Excellence yang direncanakan didirikan oleh Indosat dalam waktu dekat, yang mana juga akan didukung oleh teknologi 5G.

"Ini barulah permulaan dari berbagai perkembangan menarik lain dalam membuka peluang tanpa batas bagi jutaan masyarakat Indonesia," terangnya.

Hal ini disambut baik oleh Walikota Surakarta, Teguh Prakosa. Ia menekankan bahwa fasilitas ini tidak hanya akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark, tapi juga memicu efek berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan baru.

"Kami merasa terhormat dengan dipilihnya Solo oleh Indosat sebagai tempat AI Experience Center pertama di Indonesia," tuturnya.

Ia berharap AI Experience Center bisa menjadi wadah untuk mengembangkan teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, Wijaya Kusumawardhana mengatakan, inisiatif ini merupakan momentum penting bagi industri telekomunikasi.

“Kami percaya bahwa experience center ini akan menjadi katalisator inovasi di berbagai sektor, dan kami secara penuh mendukung kesuksesannya,” katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Surakarta Solo AI experience center Indosat Indonesia Pertama