Inflasi Jember Bulan Agustus 2023 Terendah Kedua di Jatim

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

1 September 2023 12:10 1 Sep 2023 12:10

Thumbnail Inflasi Jember Bulan Agustus 2023 Terendah Kedua di Jatim Watermark Ketik
Siaran pers inflasi oleh BPS Kabupaten Jember, Jumat (1/9/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Angka inflasi Jember pada bulan Agustus 2023 tergolong kecil, yaitu 0,03 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) sebesar 117,36. Angka inflasi Jember (month to month) lebih kecil dibandingkan dengan Jawa Timur sebesar 0,11 persen. Sedangkan Nasional mengalami deflasi -0,02 persen.

Dari delapan kota IHK di Jawa Timur, semua mengalami inflasi. Jember menduduki posisi inflasi terendah kedua setelah Kota Madiun yaitu 0,02 persen. Sedangkan inflasi tertinggi terjadi di Sumenep sebesar 0,16 persen.

Kali ini berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, BPS Jember mengungkap kelompok makanan, minuman, dan tembakau justru mengalami deflasi sebesar -0,13 persen. 

Komoditas yang memiliki andil deflasi didominasi kelompok makanan dan minuman. Yaitu salak, ketimun, bawang merah, pepaya, kacang panjang, apel, telur ayam ras, mie kering instant, daging ayam ras, dan minyak goreng.

Sedangkan, komoditas yang memberikan andil terbesar inflasi bulanan adalah kursi, tomat, sepatu wanita, rawon, gula pasir, beras, rokok kretek, emas perhiasan, tahu mentah, dan rokok kretek filter.

Mewakili Kepala BPS, Meri Vita Zulfa Faizatin selaku Penanggung Jawab Tim Distribusi, mengatakan beras sebagai salah satu pemegang andil inflasi merupakan isu yang sedang dibahas tingkat nasional.

“Tantangannya di musim kemarau apalagi ada badai el nino. Dari bulan Agustus juga mengalami penurunan panen raya, kelangkaan pupuk subsidi, harga gabah juga naik. Jadi akhirnya mempengaruhi harga di tingkat konsumen,” ungkap Meri.

Soal rokok kretek yang terus mengalami inflasi, menurutnya hal itu terjadi karena secara berangsung-angsur harga harga rokok mengalami kenaikan.

“Dari Bea Cukai di awal tahun menetapkan harga rokok naik 10 persen, tapi realisasi di lapangan dinaikkan secara bertahap oleh pedagang besar ke eceran,” urainya.

Sementara itu, inflasi Jember pada bulan Agustus 2023 relatif lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada Agustus 2021 tercatat inflasi sebesar 0,04 persen, namun pada Agustus 2022 mengalami deflasi sebesar -0,47 persen.(*)

Tombol Google News

Tags:

Inflasi Jember Terendah kedua jatim Jawa Tmur BPS Jember Beras rokok