Ingin Tahu Tips Sukses dan Survive Pramuka Jawa Timur, Kwarda Lampung Kunjungi Kwarda Jatim

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

22 Juni 2024 06:15 22 Jun 2024 06:15

Thumbnail Ingin Tahu Tips Sukses dan Survive Pramuka Jawa Timur, Kwarda Lampung Kunjungi Kwarda Jatim Watermark Ketik
Pemberian cinderamata dari Kwarda Lampung untuk Kwarda Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kwartir Daerah (Kwarda) Lampung melakukan kunjungan kerja ke Kwarda Jatim yang disambut oleh Ketua Kwarda Jatim HM Arum Sabil di Kantor Gubernur Jawa Timur pada Sabtu (22/6/2024).

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk saling bertukar ilmu mengenai kepramukaan dewasa dan memahami selama kepemimpinan Arum Sabil yang sudah berjalan 3,5 tahun.

Anggota Kwarda Lampung yang hadir pada kunjungan kerja kali ini berjumlah 39 orang dari Pusdiklatda, Pusdiklatcab dan pelatih.

Kwarda Lampung dipimpin oleh Wakil Ketua 2 H. Abdullah RM mengungkapkan saat ini hubungan antara Kwarda Lampung dan Kwarda Jatim terus terjalin dengan baik karena adanya silaturahmi dari dulu hingga kini.

"Terkait kependidikan orang dewasa, kepembinaan, mohon diberikan pembinaan. Mohon bimbing kami semua, yang diterapkan di Kwarda Jatim," tuturnya.

Foto Kunjungan kerja Kwarda Lampung ke Kwarda Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Kunjungan kerja Kwarda Lampung ke Kwarda Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Menurutnya, selama ini Arum Sabil sudah berhasil survive untuk terus menghidupkan Kwarda Jawa Timur, maka dari itu Abdullah meminta tips-tips agar terus survive.

"Dengan segala dinamikanya nyatanya berhasil, hingga bersama kami lagi dengan 33 provinsi yang lainnya di Indonesia," terangnya.

Hal tersebut langsung ditanggapi oleh Arum Sabil mengungkapkan dirinya memberikan tips untuk terus survive untuk terus memimpin Kwarda Jatim.

Kwarda Lampung tidak hanya bertukar ilmu, tetapi menurut Arum Sabil banyak belajar dari anggota Kwarda Lampung karena terus bersemangat di dunia pramuka.

"Justru kita, kakak duduk di tempat ini saya banyak belajar dari kakak semua. Kita keluarga besar di mana Kak Abdullaah berdiri tegak, berbicara dengan tegas. Kelihatannya motoriknya sangat sempurna," terang Arum Sabil.

Foto Foto Bersama saat Kunjungan Kerja Kwarda Lampung ke Kwarda Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Foto Bersama saat Kunjungan Kerja Kwarda Lampung ke Kwarda Jatim. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)


Menurutnya, dirinya tidak menggurui tetapi ini adalah tugas bersama untuk mempersiapkan generasi unggul di masa depan.

"Kita di sini untuk bersilaturahmi bersama-sama, untuk mempersiapkan masa yang akan datang," paparnya.

Saat disinggung mengenai SK yang baru disahkan setelah 3,5 tahun menjabat, baru di tahun terakhir mendapatkan SK resmi, Arum Sabil menerangkan dirinya terus optimis terus agar terus eksis dan tidak lelah untuk berkarya.

"Bukan Arum Sabilnya yang hebat, bukan tapi keluarga besar Pramuka Jawa Timur yang terus semangat, karena di Jawa Timur memiliki pemimpin yang jiwanya Pramuka yaitu Bu Hj Khofifah Indar Parawansa," jelasnya.

Selain itu, Arum Sabil terus memegang teguh Dasa Darma Pramuka agar terus aktif dan produktif, dirinya mengamalkan 3 Dasa Darma.

"Kwarda Pramuka Jawa Timur menerapkan Ilmu Sostro Birowo yang ada dalam isi Dasa Darma, 3 yaitu Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, dan suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan," tegasnya.

Acara pembukaan ditutup dengan pemberian cindramata dari Kwarda Lampung untuk Kwarda Jatim berupa Selendang khas dari daerah ujung selatan Pulau Sumatera ini dan ditutup dengan foto bersama. (*)

Tags:

Kwarda Lampung Kwarda Jatim Ketua Kwarda Jatim H.M Arum Sabil Wakil Ketua 2 Kwarda Lampung Pramuka Jatim