Ini 3 Alasan Tidak Disarankan Pakai Sandal Jepit saat Penerbangan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Maret 2024 13:47 17 Mar 2024 13:47

Thumbnail Ini 3 Alasan Tidak Disarankan Pakai Sandal Jepit saat Penerbangan Watermark Ketik
Ilustrasi sandal jepit. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Saat bepergian, tentu kita akan menggunakan outfit yang nyaman agar perjalanan bisa terasa menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan sandal jepit. Menggunakan sandal jepit memang dikenal sangat nyaman dan simple. 

Akan tetapi, bagi Anda yang berencana bepergian dengan menggunakan mode transportasi udara atau pesawat, sebaiknya mempertimbangkan lagi pilihan sandal jepit dalam outfit anda.

Melansir laman Who to Never Wear, pramugari American Airlines, Andrea Fischbach mengungkap tiga alasan mengapa tidak disarankan memakai sandal jepit saat naik pesawat.

Berikut ini kami ulas 3 alasan utama para penumpang angkutan udara tidak disarankan menggunakan sandal jepit.

1. Menghambat proses evakuasi

Dalam dunia penerbangan faktor keamanan memegang peranan penting untuk menjamin keselamatan penumpang. Alas kaki seperti sandal jepit tidak diperkenankan lantaran bisa menyulitkan situasi evakuasi pesawat saat keadaan darurat.

Dalam proses evakuasi, kecepatan sangat penting agar semua penumpang dan awak pesawat bisa diselamatkan, dan sandal jepit dinilai dapat menghambat proses evakuasi.

Selain sandal jepit sepatu ber hak tinggi juga tidak disarankan. Oleh karenanya saat proses evakuasi sudah mengeluarkan alat luncur, penumpang yang mengenakan sepatu hak tinggi diminta untuk melepas alas kakinya.

2. Tidak melindungi kaki dengan aman

Hak selanjutnya yang membuat sandal jepit tidak disarankan adalah karena alas kaki tersebut tidak bisa melindungi kaki secara sempurna. Seperti yang kita ketahui sandal jepit hanya melindungi bagian bawah kaki, sedangkan untuk bahian atas dibiarkan begitu saja terekspose.

Oleh sebab itu alas kaki ini tidak bisa melindungi kaki dengan aman. Sandal jepit juga membuat kaki lebih rentan terkena cipratan cairan apapun, seperti saat ke toilet atau terkena tumpahan cairan lainnya. Belum lagi jika ada benda keras yang jatuh dari atas dan berpotensi melukai kaki.

3. Menyebabkan risiko mudah terjatuh

Menggunakan sandal jepit saat penerbangan dapat meningkatkan resiko seseorang terjatuh. Sebab, dalam keadaan tertentu di bandara seperti penumpang hampir tertinggal pesawat, berlari menggunakan sandal jepit dari satu gate ke gate lainnya bisa membuat penumpang terjatuh.(*)

Tags:

penerbangan pesawat Sandal Jepit Tidak Praktis Resiko terjatuh Keamanan Keselamatan Evakuasi