Ini 7 Cara Interview saat Melamar Kerja, Dijamin Langsung Diterima!

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

2 Agustus 2023 01:00 2 Agt 2023 01:00

Thumbnail Ini 7 Cara Interview saat Melamar Kerja, Dijamin Langsung Diterima! Watermark Ketik
Ilustrasi wawancara kerja. (Foto: topcareer.id)

KETIK, JAKARTA – Interview merupakan salah satu tahapan yang dilakukan oleh Human Resouce Departement (HRD) perusahaan kepada pelamar kerja. Pada sesi ini kadang banyak pelamar yang gagal dalam proses wawancara.

Berikut ini 7 cara interview kerja yang baik agar diterima kerja:

1. Pahami tentang perusahaan dan lowongan yang dilamar

Perlu kamu ketahui seperti apa perusahaan yang hendak dilamar. Pelamar harus memahami posisi dan latar belakang perusahaan yang dilamar. Caranya adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum hari wawancara.

2. Ceritakan tentang diri Anda

Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan asal kampus, jurusan, pengalaman, passion, dan segala sesuatu yang pembahasannya nanti mengarah ke pekerjaan.

3. Gunakan gaya bicara dan gerak tubuh sopan

Mengubah gaya bicara, pemilihan kata, dan bahasa tubuh merupakan faktor yang sering dilupakan oleh kandidat saat menjalani interview kerja.

4. Bersikap santai dan tenang

Jika kamu merasa gugup karena ini interview pertama atau karena kamu sangat mengharapkan pekerjaan ini, cobalah untuk bersikap lebih santai dan tenang. Kamu dapat menarik napas panjang untuk meredakan degup jantung yang berpacu keras dan membuatmu gugup.

5. Berlatih menjawab pertanyaan interview sendiri

Berlatih mungkin tidak selalu akan membuat jawaban kamu saat interview sempurna. Tetapi hal ini akan sangat membantu menciptakan kesan yang baik.

6. Tepat waktu

Saat kamu akan menghadiri sesi interview usahakan untuk datang lebih awal sekitar lima belas menit lebih awal dari jam yang ditentukan. Dengan datang lebih awal, kamu berusaha untuk berkomitmen dengan jadwal yang ditentukan.

7. Bersikap asertif dan aktif dalam sesi interview

Terkadang, Anda mungkin sungkan untuk turut aktif berbicara dalam sesi interview karena khawatir melewati batas sopan. Padahal, ada perbedaan besar antara bersikap sopan dan pasif. Serta jangan pernah memotong pembicaraan yang sedang dilakukan HRD saat proses wawancara.

Dengan tujuh cara ini, semoga kamu bisa diterima bekerja di perusahaan yang kamu lamar. Semoga sukses ya! (*)

Tags:

Tips wawancara kerja wawancara kerja Interview Kerja HRD pekerjaan lowongan pekerjaan