Ini Alasan Pj Bupati Pamekasan Beri Penghargaan di Hari Sumpah Pemuda

Jurnalis: Supyanto Efendi
Editor: Muhammad Faizin

28 Oktober 2024 19:50 28 Okt 2024 19:50

Thumbnail Ini Alasan Pj Bupati Pamekasan Beri Penghargaan di Hari Sumpah Pemuda Watermark Ketik
Pj Bupati Pamekasan, Masrukin saat memberikan penghargaan kepada Pemuda pada upacara Hari Sumpah Pemuda. (Foto: Dokumen Pemkab Pamekasan).

KETIK, PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menggelar upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Senin, 28 Oktober 2024.

Upacara tersebut diikuti perwakilan siswa, organisasi kepemudaan, TNI, polri, dan jajaran aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Pamekasan. Sementara Pj Bupati, Masrukin bertindak sebagai pembina upacara.

Sebelum membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, Pj Bupati Pamekasan, Masrukin tampak memberikan penghargaan kepada pemuda berprestasi di daerahnya berupa uang pembinaan.

"Saat ini bangsa Indonesia sedang memperingati peristiwa penting dalam sejarah kebangsaan Indonesia, yaitu peristiwa sumpah pemuda tahun 1928," demikian sambutan tertulis Menpora RI yang dibacakan Pj Bupati Pamekasan, Masrukin.

Menurutnya, pemuda Indonesia waktu itu memiliki iktikad kuat untuk bersatu di tengah keragaman dan penjajahan agar Indonesia menjadi negara yang merdeka. Nilai perjuangan para pemuda senantiasa harus didengungkan guna menguatkan kesadaran karakter bangsa Indonesia menghadapi perubahan situasi dan kondisi yang cepat.

"Peringatan hari sumpah pemuda tahun 2024 berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia mewujudkan target pembangunan jangka menengah sebagai landasan target pembagunan jangka panjang tahun 2045," tandasnya.

Dia melanjutkan, momentum sumpah pemuda merupakan kesempatan bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap agenda kepemudaan sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia. Baik pemuda sebagai subyek pembangunan maupun sebagai obyek pembangunan.

"Sebagai subyek pembangunan para pemuda telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor pembangunan nasional," ungkapnya.

Dia berharap, pemuda dapat berpartisipasi aktif dalam realiasi pembangun Indonesia, karena hakikatnya pemuda yang akan menjadi penerus kepemimpinan di masa yang akan datang.

"Pada momentum hari sumpah pemuda ini, mari kita bersama-sama melakukan bermacam langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktifitas yang mendorong perkembangan kreatifitas dan inovasi pemuda Indonesia," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pj Bupati Pamekasan Masrukin Sumpah Pemuda Pemkab Pamekasan