Ini Beberapa Langkah Mencegah Meningitis pada Anak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

21 April 2024 00:26 21 Apr 2024 00:26

Thumbnail Ini Beberapa Langkah Mencegah Meningitis pada Anak Watermark Ketik
Ilustrasi penyakit meningitis. (Foto: dok. Darya Varia)

KETIK, JAKARTA – Penyakit meningitis merupakan penyakit yang wajib diwaspadai para orang tua. Penyakit ini dapat menyerang anak-anak dan menyebabkan radang otak yang bisa berujung pada kematian.

Dokter Spesialis Anak Eka Hospital Permata Hijau, dr. Nirmalia Husin, SpA mengatakan selain radang otak, meningitis juga bisa menyebabkan gangguan syaraf dan bisa menurunkan sistem imunitas tubuh.

"Dalam kasus yang langka, meningitis juga bisa disebabkan oleh jamur. Umumnya, virus atau bakteri penyebab meningitis tidak langsung menyerang selaput otak tapi bermula dari bagian tubuh lain," ujar dr. Nirmala.

Walaupun cukup mematikan, namun bukan berarti penyakit meningitis tidak dapat dicegah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan.

1. Membiasakan gaya hidup sehat

Langkah pertama untuk mencegah berbagai macam penyakit, termasuk meningitis adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa kebiasaan yang bisa diajarkan adalah mencuci tangan sebelum makan dan sesudah ke toilet.

2. Hindari kontak dengan orang terinfeksi

Bila ada anggota keluarga yang sakit, penting untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan dengan cara hindari berbagi barang pribadi, dan segera membawa anggota keluarga ke fasilitas kesehatan untuk mendapat pengobatan.

3. Melakukan vaksinasi

Pemberian vaksin sangat penting untuk langkah pencegahan. Memberikan imunisasi campak, Hib, polio, dan pneumococcal juga dapat mencegah risiko meningitis virus dan bakteri tersebut.

Selain itu ada pula vaksin meningococcal conjugate vaccine (MenACWY) yang dapat melindungi anak dari infeksi virus meningococcus penyebab meningitis. Vaksin ini dapat diberikan pada anak usia 2 hingga 11 tahun.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Meningitis radang otak sistem imun Anak anak vaksinasi Gaya hidup sehat
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1