Ini Cara PT Tjiwi Kimia Bertahan di Era Perkembangan Teknologi Digital

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: M. Rifat

24 April 2024 10:18 24 Apr 2024 10:18

Thumbnail Ini Cara PT Tjiwi Kimia Bertahan di Era Perkembangan Teknologi Digital Watermark Ketik
Terobosan terbaru PT Tjiwi Kimia, Kantong Makanan Friendly and Food Grade. (Foto: Humas Tjiwi Kimia for Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Tak mau menyerah dengan perkembangan teknologi digital, pabrik kertas terbesar di Indonesia, PT Tjiwi Kimia Tbk terus berinovasi.

Terbaru, pabrik kertas yang sudah berdiri sejak 1972 itu melakukan terobosan dengan menelurkan produk kantong makanan berbahan kertas yang ramah lingkungan dan sudah sesuai standar food grade serta mengantongi lisensi halal.

Terobosan baru yang diberi nama kantong eco friendly and food grade ini bahkan sudah mulai dikampanyekan sejak bulan Ramadan kemarin. Yang mana saat itu PT Tjiwi Kimia melakukan bagi bagi takjil dengan menggunakan kantong ini, yang juga diklaim lebih cepat terurai oleh lingkungan.

"Dengan demikian kami pastikan bahwa kemasan yang kami kampanyekan ini aman bersentuhan dengan makanan, sehingga konsumen aman mengkonsumsi makanan itu. Jadi tidak berbahaya bagi kesehatan," ucap Public Affair and License Manager PT Tjiwi Kimia Tbk, Beny Haryawan saat acara Halalbihalal bareng awak media di gedung Papyrus, Selasa (23/4/2024).

Meski saat ini pemakaian bungkus makanan dengan menggunakan kantong plastik masih tinggi, namun Beny yakin penggunaan kantong standar food grade ini bakal diterima masyarakat luas nantinya. Apalagi sudah banyak daerah yang mengkampanyekan untuk pembatasan penggunaan kantong plastik. 

"Tinggal kampanye yang dilakukan harus masif. Karena untuk mengubah paradigma itu harus pelan-pelan. Selain itu riset yang kami lakukan untuk kantong ramah lingkungan tidak hanya untuk keperluan makanan saja," imbuhnya.

Foto Jajaran manajemen Tjiwi Kimia saat halal bihalal dengan awak media, Selasa (23/4). (Foto:Yudha/Ketik.co.id)Jajaran manajemen Tjiwi Kimia saat halalbihalal dengan awak media, Selasa (23/4/2024). (Foto:Yudha/Ketik.co.id)

Riset yang dimaksudkan bahwa sasaran pasar berikutnya adalah kantong tanaman atau biasa disebut polybag. Beny menyebutkan jika saat ini tim Research and Development PT Tjiwi Kimia tengah mengembangkan sebuah kantong khusus tanaman dengan bahan dasar kertas.

Tentunya hal ini berbeda dengan polybag yang beredar di pasaran berbahan dasar plastik yang tak mudah diurai oleh lingkungan.

"Tim kami masih intens mengembangkan penelitian. Tentu dari kertas. Sebab kami melihat banyak penggunaan plastik polybag. Selanjutnya kami yakin polybag dari kertas juga banyak dipakai," jelasnya.

Atas dasar itu, Beny mengakui peran media memberikan dampak signifikan atas perkembangan PT Tjiwi Kimia. Termasuk bagaimana kampanye ramah lingkungan mendapat atensi dari masyarakat.

"Kami memberi apresiasi semangat dari media. Semoga kerja sama ini bisa berbuah sinergitas yang positif terutama tentang kampanye-kampanye ramah lingkungan," pungkasnya. (*) 

Tags:

Tjiwi Kimia Pabrik Kertas Kantong Ramah Lingkungan Food Grade Media Wartawan
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1