Ini Dia Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Orang Tahu

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

4 Februari 2023 21:00 4 Feb 2023 21:00

Thumbnail Ini Dia Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Orang Tahu Watermark Ketik
Daun Kemangi. (Foto: Pexels)

KETIK, SURABAYA – Bagi anda penggemar kuliner penyetan atau sambelan pasti sudah tidak asing lagi dengan daun kemangi. Daun ini selalu hadir sebagai lalapan menemani menu penyetan yang anda pesan. Sesuai dengan namanya, daun ini sangat khas karena aromanya yang wangi.

Namun tahukah anda selain beraroma wangi daun ini ternyata memiliki kegunaan lain. Dikutip dari berbagai sumber inilah kegunaan dari daun kemangi:

1. Penghilang bau di piring

Dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher, daun kemangi dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada piring. Gunakan daun kemangi dengan cara meremas kemudian memasukkan ke air bersih untuk membilas piring. Kamu bisa merendam piring ke dalam perasan daun kemangi selama 15-20 menit.

2. Daun Kemangi untuk lalapan

Seperti yang sudah disinggung di atas, jika daun kemangi biasa disajikan sebagai lalapan. Ternyata hal itu bukan tanpa alasan daun kemangi dapat meminimalisir bau tak sedap usai kita mengkonsumsi sambelan atau penyetan.

3. Bahan dasar obat

Daun kemangi ternyata juga biasa digunakan sebagai bahan dasar obat di beberapa negara Eropa. Selain itu, daun kemangi juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Seperti obat untuk meredakan diare, nyeri payudara, hingga pilek. Di Indonesia sendiri, daun kemangi biasa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masuk angin atau perut kembung.

4. Antibiotik alami

Daun kemangi mengandung cineole, myrcene, dan eugenol yang bermanfaat sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

5. Bahan untuk aroma saus

Daun kemangi segar bisa memberikan aroma yang maksimal. Masukkan daun kemangi di akhir waktu memasak. Pasalnya, suhu panas bisa menghilangkan rasa dan aroma daun kemangi. Namun, kamu juga bisa menggunakan kemangi kering karena rasanya lebih tahan lama walau terkena suhu panas.(*)

Tags:

Daun Kemangi Obat Antibiotik Penyetan Lalapan Wangi