Ini Dia Tiga Cara Bijak Kelola THR Agar Tak Hanya Numpang Lewat

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

8 April 2024 19:00 8 Apr 2024 19:00

Thumbnail Ini Dia Tiga Cara Bijak Kelola THR Agar Tak Hanya Numpang Lewat Watermark Ketik
Ilustrasi mendapatkan uang THR. (Foto: Lutfia/Ketik)

KETIK, MALANG – Sebagai bentuk tanggungjawab terhadap karyawannya, setiap satu kali dalam setahun perusahaan diwajibkan memberikan penghasilan tambahan dalam bentuk Tunjangan Hari Raya (THR).

Adanya THR dan gaji yang diberikan tak jarang membuat masyarakat kalap dan berbondong-bondong membelanjakan uang hasil jerih payahnya. Agar THR tak hanya numpang lewat, ada tiga cara yang dapat diterapkan dalam mengelola keuangan dengan bijak.

1. Terapkan Goals Keuangan


Pastikan kalian memiliki tujuan keuangan yang ingin dicapai, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Berlipat gandanya penghasilan yang kalian dapatkan pada momen lebaran dapat dimanfaatkan dengan memacu tujuan ke depan.

Misalnya selama ini kalian memiliki tabungan untuk membeli rumah dalam 10 tahun ke depan. Guna mempercepat tujuan tersebut maka uang yang diperoleh dapat dialokasikan sebagian untuk tujuan itu.

Namun sebelum itu pastikanlah bahwa gaya hidup yang kalian jalani sesuai dengan budget setiap bulannya. Dengan demikian kalian dapat mencapai goals dengan jangka waktu yang semakin cepat.

2. Hadapi Godaan dengan Memperbaiki Mindset


Tahanlah nafsu dan godaan untuk membeli barnag-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Jangan manipulasi fikiran kalian dengan beranggapan bahwa barang tersebut akan berguna di kemudian hari.

Sifat konsumtif memang sulit dihindari, namun apabila skala prioritas telah terbentuk dan ditaati maka akan mempermudah dalam mengelola keuangan. Rejeki nomplok yang kalian dapatkan dari THR dan gaji bulanan jangan sampai langsung habis seketika. Selain menabung kalian juga dapat memanfaatkan uang tersebut untuk disisihkan sebagai dana cadangan.

3. Rencanakan Keuangan


Membuat financial planning dapat mempermudah perencanaan keuangan demi tercapainya tujuan keuanganmu. Manfaat yang didapatkan ialah memberikan kontrol yang lebih baik pada keuangan pribadi. Dengan demikian perilaku pemborosan dapat berkurang dan keuangan dapat terkelola lebih efisien.

Sesekali tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah pada diri kalian atau self reward namun jangan jadikan itu sebagai alasanmu untuk boros dan melakukannya dalam jangka waktu terlalu sering. (*)

Tags:

THR Uang THR Mengelola THR hari raya idul fitri lebaran