Ini Harapan Bupati Bandung kepada Polri di Hari Bhayangkara ke-77

Jurnalis: Akhmad Sugriwa
Editor: M. Rifat

1 Juli 2023 05:11 1 Jul 2023 05:11

Thumbnail Ini Harapan Bupati Bandung kepada Polri di Hari Bhayangkara ke-77 Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di Lapangan Upakarti, Soreang, Sabtu (1/7/23). (Foto: Diskominfo)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-77 dan menghaturkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Polri yang di lingkungan Polresta Bandung.

Saat Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 di Lapangan Upakarti, Soreang, Sabtu (1/7/2023), Bupati Bandung menilai kehadiran polisi sangat terasa di Kabupaten Bandung di mana saat ini angka kriminalitas menurun. Kondisi di Kabupaten Bandung saat ini makin membaik, terutama dalam kondisi kondusif dan aman.

"Sehingga investasi masuk dan dibuktikan itu dengan adanya peningkatan pendapatan asli daerah. Kami juga sangat mengapresiasi kinerja Polresta Bandung, yang hadir secara gerak cepat menangani kasus yang terjadi. Itulah fungsi Polri dalam memberikan pelayanan. Mudah-mudahan ini terus ditingkatkan," kata bupati.

Apresiasi setingginya disampaikan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan dan juga perjuangan personil Polri dalam memelihara kamtibmas dan penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah hukum Polresta Bandung.

"Kita bersyukur bahwa Polri telah berusia 77 tahun, 1 Juli ditetapkan sebagai Hari Bhayangkara. Pemkab Bandung mengucapkan selamat Polri Presisi untuk negeri," ucapnya.

Dadang Supriatna yang akrab disapa Kang DS ini mengungkapkan, Polri telah melakukan pemberantasan terhadap setiap bentuk kejahatan dan tindak kriminalitas secara tegas, profesional, legitimit, dan tidak diskriminatif guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Saya harap Polri dapat mengedepankan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat secara konsisten dan berkelanjutan," tuturnya.

Kang DS berharap Polri meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, transparan dan berkeadilan sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat.

"Khususnya dalam melaksanakan amanahnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga bisa mendukung Indonesia lebih maju di Kabupaten Bandung. Termasuk dalam menghadapi jelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024 nanti," tuturnya.

Kang DS berharap Polri dapat memperkuat koordinasi sinergitas dan kerjasama dengan TNI, pemerintah daerah, masyarakat dalam memelihara keamanan, ketertiban di Kabupaten Bandung.

"Melalui transformasi Polri yang presisi, prediktif, responsibilitas, dan transparasi berkeadilan. Dalam membangun negeri ini, sesuai dengan Hari Bhayangkara ke-77 yaitu Polri Presisi untuk negeri pemilu damai menuju Indonesia maju," kata Kang DS.

Ia pun meyakini bersama-sama dengan TNI, dan komponen Forkopimda Kabupaten Bandung lainnya, kepolisian menjadi pilar keutuhan NKRI.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Polri, khususnya Pak Kapolresta Bandung yang saat ini sudah bisa bersama-sama mengawal visi misi Kabupaten Bandung dalam kinerja saya dalam kurun waktu 2 tahun 2 bulan. Tentunya ada beberapa program yang di dalamnya ada keterlibatan Polri yang selalu berkomitmen dan sinergi, sehingga angka pengangguran Kabupaten Bandung menurun dari 8,52 persen  menurun menjadi 6,98 persen. Juga angka kriminal di Kabupaten Bandung menurun," jelasnya.

Kang DS juga mengatakan pendapatan asli daerah (PAD) yang asalnya Rp 969 miliar tahun 2021, kemudian Desember 2022 mencapai Rp 1,237 triliun.

"Kenapa ada peningkatan PAD yang sangat signifikan, karena investasi masuk ke Kabupaten Bandung. Dan kenapa investor masuk ke Kabupaten Bandung karena Kabupaten Bandung dalam kondisi kondusif dan aman terkendali. Itu di antaranya ada peranan Polresta Bandung yang saat ini sudah melakukan langkah-langkah," ujarnya.

Pelaksanaan upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di Lapangan Upakarti Soreang ini dihadiri Plt. Kapolresta Bandung AKBP Indra Hermawan. Peringatan turut dimeriahkan karnaval dan berbagai atraksi seni dan budaya dari berbagai Polsek jajaran Polresta Bandung.

Mulai dari menampilkan drumband, seni pencak silat, singa depok, seni angklung, debus, kuda renggong, kuda lumping, badawang, seni reog, seni terbang dan kesenian lainnya.

Foto Bupati Bandung Dadang Supriatna saat peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di Lapangan Upakarti, Soreang, Sabtu (1/7/23). (Foto: Diskominfo)Bupati Bandung Dadang Supriatna saat peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di Lapangan Upakarti, Soreang, Sabtu (1/7/23). (Foto: Diskominfo)

Plt. Kapolresta Bandung AKBP Indra Hermawan berharap melalui momen Hari Bhayangkara ke-77, Polri ke depan bisa lebih baik melayani masyarakat.

"Polri ke depan bisa lebih memuaskan masyarakat, khususnya Polresta Bandung bisa melayani warga masyarakat Kabupaten Bandung dan juga menunjang Pembangunan Kabupaten Bandung," harap Indra.

Indra mengungkapkan bahwa dengan menampilkan atraksi seni dan budaya pada kegiatan karnaval yang dilaksanakan usai upacara itu, merupakan gambaran seni budaya tradisional Kabupaten Bandung.

"Budaya-budaya dari setiap kecamatan di Kabupaten Bandung. Harapannya bisa mengenali berbagai seni dan budaya khususnya asal Kabupaten Bandung, sehingga kita ke depannya melestarikannya," tutur Indra.(*)

Tags:

hari bhayangkara POLRESTA BANDUNG BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA