Ini Kata Ketua PPDiS, Terkait Kemudahan Pelayanan SIM D Satlantas Polres Situbondo

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Heru Hartanto

13 Juni 2024 12:04 13 Jun 2024 12:04

Thumbnail Ini Kata Ketua PPDiS, Terkait Kemudahan Pelayanan SIM D Satlantas Polres Situbondo Watermark Ketik
Rekan Difabel saat mengikuti praktek ujian SIM D di Satpas Polres Situbondo, Kamis (13/06/2024) ( Foto : Adinda Octaviani / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Ketua Pelopor Peduli Disabilitas Situbondo (PPDiS) Luluk Ariyantiny memberikan apresiasi kepada Satlantas Polres Situbondo, karena telah memberikan kemudahan bagi rekan-rekan Difabel dalam pembuatan dan perpanjangan SIM D, Kamis (13/06/2024).

Tidak hanya memberikan apresiasi, Luluk Ariyantiny bersama rekan-rekan Difabel Situbondo juga memberi sebutan Polres Situbondo adalah Sahabat Difabel. “Kami apresiasi Satlantas Polres Situbondo yang memberkan kebutahan pelayanan SIM kepada kami,” ujarnya.

Mereka, sambung Luluk, yang selama ini mengannggap membuat SIM itu sulit, tapi ternyata mudah. “Kami harap kedepan Polres Situbondo semakin banyak membantu teman-teman difabel mendapatkan SIM D. Terima kasih kepada Polres Situbondo yang telah memberikan fasilitas dan kemudahan kepada rekan-rekan difabel untuk mendapatkan SIM,” pungkas Luluk Ariyantiny.

Sementara itu, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kasat Lantas AKP Tutud Yudho Prastyawan, S.H. mengatakan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78 Satpas Polres Situbondo memberikan kado istimewa kepada rekan-rekan Difabel Kabupaten Situbondo, yakni memberikan pelayanan khusus SIM D untuk 5 orang rekan-rekan difabel sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang berlaku.

“Pengurusan SIM D gratis bagi penyandang difabel ini dirasa penting karena salah satu kelengkapan dalam mengemudikan kendaraan bermotor yakni SIM. Terlebih, mereka setiap harinya mengendarai sepeda motor untuk bekerja maupun aktivitas lainnya,” jelas Kasat Lantas Polres Situbondo.

Sebelum pencetakan SIM, sambung AKP Yudho, seluruh peserta diberikan materi peningkatan pengetahuan mengenai peraturan lalu lintas serta berbagai jenis rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.

"Rekan-rekan difabel kita latih materi peraturan lalu lintas, rambu-rambu, termasuk praktek langsung menggunakan motor modifikasi di area praktik Satpas SIM Situbondo. Hasilnya mereka cakap dan layak memiliki SIM D," jelas AKP Yudho.

Pemberian kemudahan pelayanan SIM D kepada komunitas Difabel Situbondo ini, lanjut AKP Yudho, merupakan bentuk penghargaan terhadap perjuangan para rekan-rekan difabel dalam memenuhi nafkah keluarganya, juga sebagai bentuk hadirnya Polri dalam melindungi mengayomi dan melayani masyarakat. (*)

Tags:

Ini Kata Ketua PPDiS Situbondo Terkait Kemudahan pelayanan SIM D Satlantas Polres Situbondo Situbondo Terkini Situbondo Berita