Ini Profil Nurkholis Pj Wali Kota Probolinggo, Doyan Sekolah dan Jaringan Luas

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Naufal Ardiansyah

30 Januari 2024 14:37 30 Jan 2024 14:37

Headline

Thumbnail Ini Profil Nurkholis Pj Wali Kota Probolinggo, Doyan Sekolah dan Jaringan Luas Watermark Ketik
Nurkholis, Pj Wali Kota Probolinggo (kanan) bersama Kiagus Firdaus (CEO Ketik.co.id) jelang pelantikan. (Foto: Dok. Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa hari ini, Selasa (30/1/2024) akan melantik dua kepala daerah di Jatim. Salah satunya Kepala Dinas ESDM Jatim Dr. Nurkholis, S.Sos,M.Si,CIPA,CIHCM sebagai PJ Wali Kota Probolinggo.

Nurkholis dilantik menggantikan Wali Kota Probolinggo sebelumnya, Habib Hadi Zainal Abidin yang selesai masa jabatan per 30 Januari  2024.

Siapakah Dr. Nurkholis, S.Sos,M.Si,CIPA,CIHCM Ini? Berikut profilnya!

Sosok yang Doyan Belajar

Pengangkatan Nurkholis menjadi Pj Wali Kota Probolinggo ini tentunya tak lepas dari kerja keras dan prestasinya selama ini.

Pria kelahiran Banyuwangi ini dikenal sebagai sosok yang doyan sekolah dan belajar. Semangatnya untuk menuntut ilmu ini dibuktikan saat Nurkholis menjabat sebagai Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.

“Di ESDM itu kan kita mengurusi air bawah tanah, ada yang mengurusi energi. Nah ketika saya menjadi pimpinan di situ saya harus menambah wawasan, pengetahuan, dan bekal,” ungkap Nurkholis saat ditemui Ketik.co.id, Selasa (30/1/2024).

Karena alasan itulah ia memutuskan mengambil kuliah S-2 di Prodi Ketahanan Energi, Fakultas Manajemen Pertahanan, Universitas Pertahanan (Unhan).

“Apalagi tantangan ke depan kan kita krisis energi dan ketahanan pangan,” lanjut pria 56 tahun itu.

Tidak berhenti di situ, merasa haus akan ilmu, ia juga mengambil kuliah di Universitas Airlangga, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Prodi Kesehatan Lingkungan. Ia mengungkapkan ilmu tersebut penting didapatkan mengingat pihaknya bertanggung jawab mengelola air bawah tanah

“Kenapa Kesehatan lingkungan, karena air itu kita kelola, air bawah tanah. Jadi saya pengen tahu lebih banyak, ilmu saya kurang,” terang pria bergelar Doktor Ilmu Administrasi dari Universitas Brawijaya tersebut.

Kholis dalam dunia pendidikan sudah pernah mencapai jenjang pendidikan tertinggi yakni S3 (doktoral). Termasuk di dunia diklat yakni sampai diklat tertinggi PKN I/Diklat Pim I. 

Meski demikian, Kholis tetap melanjutkan studi untuk terus menimba ilmu kerena sekolah adalah hobinya. Saat ini ia sedang menempuh dua studi magister (S2) secara bersamaan.

Ilmu Terus Berkembang

Perihal mencari ilmu, baginya tidak boleh cepat puas dengan ilmu yang sudah didapatkan, karena ilmu terus berkembang.

“Kalau puas dengan yang ada, kita bakal ketinggalan, karena kan ilmu terus berkembang,” tuturnya.

Sebagai informasi, Nurkholis telah menempuh pendidikan panjang dari berbagai universitas hingga menyabet banyak gelar.

Sebelumnya, ia adalah lulusan dari Universitas Bhayangkara Surabaya Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Jurusan Magister Ilmu Administrasi, dan Universitas Brawijaya Malang bergelar Doktor Ilmu Administrasi.

“Dari S1 sampai S3 kan saya administrasi. Kalau administrasi saya sudah khatam, mulai dari biro organisasi, BKD kan semua administrasi,” jelasnya

Sebagai Pj Wali Kota Probolinggo yang akan dilantik, ia juga berpesan apapun inovasi yang dilakukan hasil akhirnya untuk melayani masyarakat sehingga dampaknya harus sampai ke masyarakat.

“Apapun inovasi kita, apapun hidup kita hasil akhirnya ya untuk masyarakat, impactnya harus ke masyarakat,” tuturnya.

Kholis yang juga alumni purna praja memiliki banyak pengalaman dan relasi baik regional maupun nasional. Jaringan ini diharapkan membawa kabar baik untuk kemajuan Kota Probolinggo yang dipimpinnya. 

Berikut profil lengkap Nurkholis:

Pendidikan Terakhir 
S3: Doktor Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya 2020

Jabatan Terakhir
Kepala Biro Organisasi Pemprov Jatim 2018
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Jatim 2020
Kepala Dinas ESDM Pemprov Jatim 2021

Tags:

Pj Wali Kota Probolinggo Nurkholis Pj Wali Kota Probolinggo Kepala Dinas ESDM Jatim Pelantikan kepala daerah Nurkholis Kota Probolinggo pj wali kota jatim