Ini Sosok Dewi Maytasari Diyani, Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 yang Angkat UMKM dan Pariwisata

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Muhammad Faizin

1 Maret 2024 07:15 1 Mar 2024 07:15

Thumbnail Ini Sosok Dewi Maytasari Diyani, Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 yang Angkat UMKM dan Pariwisata Watermark Ketik
Dewi Maytasari Diyani di Malam Gala Dinner ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2023 (Foto: Dewi Maytasari)

KETIK, SURABAYA – Dewi Maytasari Diyani, perwakilan DKI Jakarta 4 berhasil menjadi Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 di ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2023 yang digelar Yayasan EL JOHN Indonesia di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2023).

Prestasi membanggakan ini berhasil ia dapatkan setelah melalui proses seleksi panjang dari 27 finalis terpilih asal provinsi se-Indonesia. Saat proses seleksi, dihadapan para juri ia mampu mempromosikan UMKM dan sektor pariwisata DKI Jakarta.

“Saya berhasil menjadi Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 perwakilan DKI Jakarta 4 karena waktu sesi interview bersama Presiden El John dan juri lainnya saya mampu mempromosikan UMKM dan pariwisata, khususnya di DKI Jakarta,” ungkap Dewi pada Ketik.co.id, Jumat (1/3/2024).

Ia terpilih menjadi Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 setelah melalui proses karantina pada 1 September sampai 17 September 2023 di Permata Hijau Suites, Jakarta Selatan bersama  27 Finalis terpilih lainnnya.

Sebagi informasi, Yayasan El John Indonesia merupakan yayasan yang fokus di bidang pengembangan sumber daya manusia, promosi pariwisata Indonesia, lingkungan hidup, dan budaya. Yayasan ini memiliki visi misi untuk melakukan pembinaan, pengarahan, dan penyelenggaraan kegiatan kreativitas bagi generasi pemuda Indonesia.

“Parameter penilaian dalam ajang Putri Pariwisata Indonesia 2023 ini menggunakan 3B, yakni Brain (kecerdasan), Beauty (berpenampilan menarik), dan Behavior (berperilaku baik),” ungkapnya.

Selain 3B, lanjutnya, peserta harus terampil dalam berkomunikasi, dapat berpikir secara rasional, memiliki pengetahuan umum yang luas dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta berwawasan pariwisata.

“Sejak kecil saya  memang dikenal punya percaya diri tinggi. Karena itu saya pernah masuk sanggar yang didalamnya ada menari, modeling, dan akting. Sekarang, saya lebih menekuni bidang modeling,” ungkap perempuan cantik 23 tahun itu.

Ia menuturkan sejak dulu memang memiliki mimpi menjadi perempuan yang mampu memberikan inspirasi ke banyak orang. Berawal dari mimpi tersebut ia semakin semangat untuk menekuni dunia modeling.

Foto Potret Dewi Maytasari Diyani saat berhasil menjadi Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 (Foto: Dewi Maytasari)Potret Dewi Maytasari Diyani saat berhasil menjadi Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 (Foto: Dewi Maytasari)

“Waktu kecil kan banyak yang bermimpi jadi dokter, TNI, polisi. Tapi sejak SMP saya ingin jadi wanita yang bisa menginspirasi. Lalu saya ikut duta daerah, lama-lama semakin ingin jadi Puteri Indonesia. Dari situ ada semangat dan rasa pantang menyerah untuk ikut kelas catwalk dan lain-lain saat masih sekolah,” ungkapnya.

Berkat percaya diri yang tinggi, dan rasa pantang menyerah itulah ia semakin piawai di bidang modeling. Bahkan saat ini, Dewi dipercaya membina kelas pengembangan kepribadian dengan kategori remaja di sekolah ternama yakni SMA Plus PGRI Cibinong.

“Iya betul banget. Saya dipercaya membina mereka soal pengembangan diri, mulai dari public speaking, attitude, percaya diri, dan lain-lain. Alhamdulillah juga besok tanggal 3 Maret saya jadi guru tamu di I-Muse Class jadi mentor pageants,” tutur sosok yang hobi traveling itu.

Tak hanya Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 yang pernah diraihnya. Sebelumnya, ia pernah menorehkan banyak prestasi di dunia modeling dan kecantikan, seperti di ajang Abang Mpok Depok (2016), Brand Ambassador Khafana Style (2019), Duta Hijabers Indonesia (2021), Puteri Pariwisata Perwakilan DKI Jakarta 4 dan Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023.

“Alhamdulillah sekarang di tahun 2024, saya jadi guru tamu di salah satu kelas model atau pageants di I-Muse Class,” terang mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Selatan itu. 

Untuk rencana kedepannya, ia mengatakan ingin terus meningkatkan skill dan mengajak anak-anak didiknya membangun personal branding.

“Tentunya upgrade skill ya. Saya juga ingin mengajak anak-anak didik saya untuk membangun personal branding. Karena itu sangat penting untuk verification background mereka nantinya,” ujar Dewi.

Bagi kalian yang ingin berkenalan dengan perempuan cantik ini, ia bisa disapa melalui akun Instagram @dewimaemay atau @official_demay.

Riwayat Pendidikan

SMA Plus PGRI Cibinong

S1 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Selatan. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Putri Ekonomi Kreatif Indonesia 2023 Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2023 Dewi Maytasari Diyani Yayasan EL JOHN Indonesia
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1