Ini Strategi Merintis Karir Sebagai MUA, Pemula Wajib Tahu!

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

9 November 2023 22:00 9 Nov 2023 22:00

Thumbnail Ini Strategi Merintis Karir Sebagai MUA, Pemula Wajib Tahu! Watermark Ketik
Ilustrasi makeup artist. (Foto: freepik)

KETIK, MALANG – Menjadi Makeup Artist (MUA) tentu salah satu impian yang diidam-idamkan oleh pencinta makeup. Merintis karir sebagai MUA memang tak semudah yang dibayangkan.

Diperlukan keterampilan, kreativitas, dan komitmen untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Tidak hanya terampil merias wajah, banyak hal yang harus diperhatikan dan disiapkan untuk menjadi MUA profesional.

Kendati demikian MUA memberikan peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Profit yang diterima pun sangat menggiurkan. 

Menjadi seorang MUA tak hanya membuat penampilan klien menjadi lebih menarik. Namun juga harus mampu menonjolkan karakter, serta kepercayaan diri klien. 

Jika kalian tergiur merintis karir menjadi MUA, beberapa hal ini perlu menjadi perhatian dan dipersiapkan!

1. Pelajari Teknik Dasar Make Up

Sebelum memulai bisnis, pastikan kalian mengetahui teknik dasar dalam makeup. Pemahaman ini meliputi jenis kulit, bentuk wajah, dan penyesuaian makeup dengan konsep yang diinginkan oleh klien. Beberapa MUA mungkin beranggapan bahwa makeup harus membuat seseorang menjadi lebih putih.

Namun sebagai MUA profesional kalian harus memahami bahwa membuat klien menjadi tampak cantik dan stunning tidak harus mengubah warna kulit klien kalian. 

2. Investasi Pada Peralatan Make Up

Jangan malas dan merasa rugi untuk investasi pada peralatan makeup. Keterampilan dan teknik yang matang, jika diimbangi dengan peralatan yang lebih bagus tentu akan memaksimalkan hasil makeup kalian. Sangat penting memperhatikan keberagaman produk dan peralatan makeup, mengingat kondisi wajah dan konsep yang semakin beragam.

3. Perbanyak Portofolio di Media Sosial

Media sosial menjadi platform penting untuk mempromosikan keterampilan dan hasil makeup kalian. Berkreasi lah dengan mengunggah foto maupun video secara teratur dan menarik. Tunjukkan beragam gaya, teknik, hingga konsep makeup yang telah kalian kuasai. Kegiatan ini akan mempermudah kalian dalam membangun portofolio untuk menarik minat klien menggunakan jasa kalian.

4. Bangun Strategi Marketing

Tentu kalian tidak ingin hanya teman atau kerabat dekat yang menggunakan jasa makeup kalian. Bangunlah strategi marketing yang menarik supaya semakin banyak klien yang didapatkan.

Carilah target pasar kalian, berikan harga yang kompetitif dan jalin hubungan yang baik dengan klien dan calon klien kalian. Supaya lebih maksimal, oerluas jaringan dengan fotografer, salon, hair do, hingga wedding organizer supaya target pasar lebih luas.

5. Selalu Upgrade Skill

Dunia makeup terus menunjukkan perkembangan dan ragam variasi. Jangan hanya berfokus pada satu teknik dan gaya makeup saja. Kalian harus mempertimbangkan untuk rutin mengikuti pelatihan hingga workshop untuk mempelajari tren makeup terbaru.

Kalian juga dapat memanfaatkan kerabat terdekat untuk mengaplikasikan keterampilan baru. Jika hasilnya bagus, jangan lupa unggah hasil makeup kalian di media sosial.

 

Tombol Google News

Tags:

Makeup Artist MUA MUA pemula MUA profesional Tips Karir Tips Pekerjaan