Inilah 10 Kampus Terbaik di Malang, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Jurnalis: Millah Irodah
Editor: Irwansyah

14 Januari 2023 08:45 14 Jan 2023 08:45

Thumbnail Inilah 10 Kampus Terbaik di Malang, Calon Mahasiswa Wajib Tahu! Watermark Ketik
Universitas Brawijaya (UB). (Foto: Istimewa)

KETIK, MALANG – Memilih perguruan tinggi yang tepat bukan hal mudah. Calon mahasiswa baru harus melakukan mini riset untuk menentukan jurusan dan pilihan kampus.

Di Jawa Timur, perguruan tinggi terbaik didominasi oleh Surabaya dan Malang. Nah, tahukah kamu kampus apa saja yang paling diminati dan terbaik di Malang?

Tim Riset dan Pengembangan Ketik.co.id menyampaikan rilis hasil penilaian pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) UniRank 2022.

Berikut 10 kampus terbaik di Malang:

1. Universitas Brawijaya (UB)

UB menduduki peringkat ketiga nasional. Kampus ini berada di Jalan Veteran, Ketawanggede, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Di Malang, Universitas Brawijaya adalah kampus terbaik nomor 1 dengan jumlah mahasiswa terbanyak yakni sekitar 75 ribu.

Foto Universitas Brawijaya (UB)Universitas Brawijaya (UB)

Kampus yang berdiri sejak 5 Januari 1963 ini mempunyai 18 fakultas, 175 program studi, dan 233 profesor. UB oleh pemerintah telah ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH).

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang atau biasa disebut UM adalah perguruan tinggi ternama yang secara nasional menduduki peringkat 20 se-Indonesia.

Kampus yang dijuluki The Learning University ini berada di Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Foto Universitas Negeri Malang (UM).Universitas Negeri Malang (UM).

UM juga diputuskan oleh pemerintah sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH). Artinya, hanya ada dua kampus PTN BH di Malang. UM dikuatkan dengan 9 fakultas, 120 program studi, 107 profesor, dan 37 lebih mahasiswa.

3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah kampus swasta yang berada di Malang. Secara nasional, kampus ini berada di urutan 23. Artinya, UMM adalah kampus swasta terbaik no.1 di Malang.

Foto Universitas Muhammadiyah Malang.Universitas Muhammadiyah Malang.

UMM mempunyai tiga kampus di Malang. Mahasiswanya mencapai 37 lebih. UMM memiliki 10 fakultas, 45 program sarjana, 17 program pascasarjana, dan 6 program profesi.

4. UIN Maulana Malik Ibrahim

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah perguruan tinggi islam negeri yang berada di bawah Kementerian Agama RI.

Kampus ini secara nasional menempati posisi ke-40 terbaik se-Indonesia. UIN Maulana Malik Ibrahim beralamat di Jl. Gajayana No.50, Dinoyo, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Kampus ini mempunyai 8 fakultas, 45 program studi, 27 profesor, dan 19 ribu lebih mahasiswa.

5. Universitas Islam Malang (UNISMA)

Universitas Islam Malang (UNISMA) adalah kampus swasta yang berafiliasi kepada ormas Nahdlatul Ulama (NU). Kampus yang berada di Jalan Mayjen Haryono No.193, Dinoyo, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur ini berada di peringkat 48 nasional.

UNISMA memiliki slogan Dari NU, Untuk Indonesia, dan Peradaban Dunia. Jumlah fakultas di kampus ini adalah 10 fakultas, 23 program sarjana, 2 program doktor, dan 1 program profesi. Ada 16 ribu lebih mahasiswa di kampus hijau ini yang terdiri dari berbagai Provinsi di Indonesia dan 34 negara (mahasiswa asing).

6. Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka Malang atau Unmer Malang menduduki peringkat 92 nasional. Kampus ini berada di Jalan Terusan Dieng  Klojen, Pisang Candi, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.

Universitas Merdeka Malang, disingkat Unmer Malang, adalah perguruan tinggi swasta terkemuka di Kota Malang. universitas merdeka malang dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang.

Kampus ini mempunyai 8 fakultas yang terdiri dari program diploma kepariwisataan dan pascasarjana.

7. Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang atau Unitri Malang menempati peringkat 170 nasional. Kampus ini berada di Jl. Telaga Warna, Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Total mahasiswa di kampus ini adalah 8000 mahasiswa. Unitri Malang mempunyai 7 fakultas dan 19 program studi.

8. Universitas Kanjuruhan Malang

Universitas Kanjuruhan Malang atau Unikama adalah kampus swasta di Malang yang secara nasional menempati peringkat 184.

Kampus yang berada di Jl. S. Supriadi, Bandungrejosari, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur ini mempunyai 7 fakultas.

9. Institut Teknologi Nasional Malang

Institut Teknologi Nasional Malang atau ITN Malang adalah kampus swasta di Malang yang berada di Jl. Sigura - Gura, Sumbersari, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Kampus ini meraih peringkat nasional ke-203. ITN Malang dikenal sebagai kampus yang konsisten mencetak Engineering handal dimana alumninya telah tersebar di beberapa instansi dan lembaga industri di Indonesia.

10. Universitas Ma Chung Malang

Universitas Ma Chung Malang berada di Villa Puncak Tidar Blok N no. 1, Doro, Karangwidoro, Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Secara nasional, kampus ini menempati peringkat ke-216.

Itulah 10 kampus terbaik di Malang. Informasi ini penting untuk Anda calon mahasiswa yang hendak mencari referensi perguruan tinggi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kampus Terbaik di Malang Universitas Brawijaya UM UB