Inilah 5 Kuliner Unik Khas Balikpapan yang Wajib Dicoba

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Gumilang

1 Maret 2024 23:00 1 Mar 2024 23:00

Thumbnail Inilah  5 Kuliner Unik Khas Balikpapan yang Wajib Dicoba Watermark Ketik
Pisang gapit Balikpapan. (Foto: Instagram Sukmawati Rs)

KETIK, BALIKPAPAN – Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kuliner yang unik. Tiap daerah memiliki makanan khas, tidak terkecuali Kota Balikpapan. 

Kota terbesar di Pulau Kalimantan tersebut memiliki beragam kuliner yang menarik untuk dicicipi. Di balik pesona keindahan Balikpapan, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota ini lalu tak mencicipi makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan khas dari Balikpapan yang wajib untuk dicoba:

1. Pisang Gapit

Bagi Anda yang suka dengan olahan pisang, menu satu ini pantas untuk dicoba. Makanan ini merupakan kuliner khas Kota Balikpapan yang populer dan disukai banyak orang. Dinamakan pisang gapit karena dalam pengolahannya pisang ini dibakar lalu dijepit dengan batang kayu hingga matang.

2. Roti Mantau

Roti mantau memiliki bentuk mirip bakpau dengan cita rasa yang asin. Roti ini tidak memiliki isian layaknya bakpau pada umumnya. Sebelum disajikan, roti ini biasanya digoreng terlebih dahulu dengan minyak panas, hasil dari penggorengan tersebut menghasilkan tekstur yang empuk, garing dan gurih.

3. Onde-Onde Ubi Ungu

Sama seperti namanya onde-onde ini terbuat dari ubi berwana ungu. Hal ini tentu menjadi keunikan tersendiri, biasanya onde-onde dibuat dari tepung dan diisi kacang hijau. Onde-onde ini tersedia dari ukuran kecil hingga sedang, dan kulit tebal yang menyembunyikan isian lezat di dalamnya. 

4. Bingka Kentang

Makanan selanjutnya adalah bingka kentang, disebut demikian karena salah satu bahan pembuatnya adalah kentang. Makanan ini memiliki bentuk menyerupai mahkota bunga dan cita rasa manis. 

5. Abon Kepiting

Sebagai kota yang terletak di pesisir pantai, tidak mengherankan bila Balikpapan memiliki sajian khas yang terbuat dari hasil laut, salah satunya adalah abon kepiting. Jika biasanya abon terbuat dari daging sapi, abon yang satu ini terbuat dari daging kepiting dan disajikan dengan berbagai ukuran kemasan plastik transparan untuk memperlihatkan isiannya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kuliner budaya Tradisional Balikpapan Unik Pisang Gapit Roti Mantau Onde-onde Ubi Ungu Abon Kepiting Bingka Kentang