Inspeksi Jalur Cakup 6 Stasiun sampai Walikukun Ngawi, KAI Daop 7 Madiun: Aman

Jurnalis: Kurniawan
Editor: M. Rifat

23 Agustus 2024 02:56 23 Agt 2024 02:56

Thumbnail Inspeksi Jalur Cakup 6 Stasiun sampai Walikukun Ngawi, KAI Daop 7 Madiun: Aman Watermark Ketik
Kepala Daop 7 Madiun Suharjono saat memeriksa rel kereta, Kamis 22 Agustus 2024. (Foto: Dokumen KAI Daop 7 Madiun)

KETIK, MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun melakukan inspeksi intensif di sepanjang jalur kereta api dari Stasiun Madiun hingga Stasiun Walikukun menggunakan lori inspeksi.

Inspeksi dipimpin langsung oleh Kepala Daop 7 Madiun, Suharjono dan dihadiri berbagai unit operasional serta pelayanan terkait.

Tujuan dari inspeksi untuk memeriksa berbagai aspek penting dalam operasional kereta api, termasuk kondisi fasilitas pendukung, kesiapan infrastruktur dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam menjaga keamanan perjalanan kereta api.

Kegiatan ini sangat krusial mengingat kondisi cuaca yang sangat panas saat ini. Itu dapat mempengaruhi material fasilitas operasi dan konsentrasi petugas di lapangan.

"Seperti diketahui, KAI Daop 7 Madiun berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas infrastruktur perkeretaapian. Inspeksi ini kami lakukan untuk meminimalisir segala bentuk risiko yang dapat mengganggu operasional kereta api, sehingga perjalanan tetap aman dan tepat waktu," kata Kepala PT KAI Daop 7 Madiun, Suharjono melalui keterangan tertulisnya, Kamis 22 Agustus 2024.

Suharjono menambahkan, enam stasiun menjadi fokus utama dalam pemeriksaan kali ini, yaitu Stasiun Madiun, Magetan, Geneng, Ngawi, Kedunggalar dan Walikukun.

Foto Kepala Daop 7 Madiun Suharjono saat memeriksa rel kereta / (Foto : Dokumen KAI Daop 7 Madiun)Kepala Daop 7 Madiun Suharjono saat memeriksa rel kereta / (Foto : Dokumen KAI Daop 7 Madiun)

Inspeksi ini memeriksa mulai dari kelengkapan administrasi, kondisi fasilitas stasiun, kemampuan petugas dalam menangani situasi darurat, serta prasarana pendukung seperti jalur, jembatan dan wesel. Inspeksi ini juga mencakup identifikasi potensi bahaya di sepanjang jalur kereta api.

"Seluruh prasarana dan fasilitas pendukung perjalanan kereta api berada dalam kondisi yang baik. Kemampuan SDM dalam merespon situasi darurat juga sudah sangat mumpuni. Namun, kami tetap waspada terhadap kemungkinan temuan terkait fasilitas pelayanan yang memerlukan perhatian khusus dan perbaikan segera," pungkas Suharjono.

Hasil pemeriksaan kegiatan inspeksi menyebutkan, keseluruhan jalur dari Stasiun Madiun hingga Stasiun Walikukun berada dalam kondisi aman. Evaluasi difokuskan pada berbagai aspek, termasuk kondisi rel, keamanan lingkungan sekitar dari potensi gangguan, serta kemungkinan munculnya perlintasan sebidang yang tidak terpantau.

Potensi gangguan keamanan dan ketertiban akibat aktivitas masyarakat di sekitar jalur juga menjadi perhatian.

KAI Daop 7 menegaskan komitmennya untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada para pengguna kereta api, dengan memastikan setiap perjalanan berjalan dengan aman, nyaman dan tepat waktu. (*)

Tombol Google News

Tags:

KAI Stasiun Madiun DAOP 7 Madiun Rel Kereta MK walikukun ngawi