Isak Tangis Warnai Kedatangan 305 Jemaah Haji di Pendopo Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

27 Juni 2024 06:20 27 Jun 2024 06:20

Thumbnail Isak Tangis Warnai Kedatangan 305 Jemaah Haji di Pendopo Pacitan Watermark Ketik
Jemaah Haji tiba di Pacitan, Kamis (27/6/2024) dini hari. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Sebanyak 305 jemaah haji asal Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, tiba di kampung halaman mereka dengan penuh haru pada Kamis (27/6/2024) dini hari.

Kepulangan mereka disambut hangat oleh keluarga yang telah lama menanti di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Suasana haru menyelimuti momen pertemuan antara jemaah haji dan keluarga.

Isak tangis bahagia tak terbendung saat mereka saling melepas kerinduan setelah 40 hari menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, turut menyambut kedatangan para tamu Allah ini. 

Mas Aji menyampaikan selamat datang kepada seluruh jemaah dan berpesan kepada keluarga untuk menjaga kesehatan mereka yang baru pulang dari perjalanan panjang.

"Selamat datang di Pacitan. Tolong dijaga saudara kita yang baru datang, karena ibadah haji itu ibadah yang membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa," ujar Indrata Nur Bayuaji.

Momen haru bercampur duka juga mewarnai kepulangan jemaah haji Pacitan tahun ini.

Pasalnya, satu orang jemaah atas nama Imam Turmudi bin Abuyamin, warga Desa Semanten, Pacitan, meninggal dunia di Madinah pada Minggu (19/5/2024).

Bupati Pacitan beserta seluruh jemaah haji dan tamu undangan memanjatkan doa, membaca surah Al Fatihah, untuk mendoakan almarhum Imam Turmudi bin Abuyamin.

Kendati kepulangan kali ini tidak utuh, rasa syukur dan bahagia terpancar dari wajah para jemaah haji dan keluarga.Mereka telah menyelesaikan rukun Islam kelima dengan penuh khusyuk.(*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan HAJI2024