Islah! Kesampingkan Ego Sektoral, Kwarnas Akhirnya Sahkan Kwarda Pramuka Jatim

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Naufal Ardiansyah

22 April 2024 17:41 22 Apr 2024 17:41

Thumbnail Islah! Kesampingkan Ego Sektoral, Kwarnas Akhirnya Sahkan Kwarda Pramuka Jatim Watermark Ketik
Momen pengurus Kwartir Nasional dan Kwartir Daerah Jawa Timur berfoto bersama usai mengikuti Musda Kwarda Pramuka Jawa Timur, Senin (22/4/2024). (Foto: Kiagus Firdaus/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Permasalahan Surat Keputusan (SK) Pramuka di Jawa Timur menemukan titik terang setelah dilakukan pengesahan Musda Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur di Binaloka Adhikara, Sekertariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Senin (22/4/2024).

Momen yang dihadiri Sekjen Kwarnas bersama Kwarda Jatim dan 38 Kwarcab se-Jatim tersebut menjadi momen penuh sejarah. Sebab, kepengurusan Kwarda Jatim sebelumnya sudah melakukan Musda beberapa tahun lalu. Namun SK dari Kwarnas memang belum diturunkan.

Malam ini, akhirnya Kwarnas setelah memperhatikan banyaknya kontribusi, kegiatan dan aktifnya Kwarda Jatim dalam memajukan Kepramukaan di Jawa Timur menjadi pertimbangan bagi Kwarnas untuk mengesahkan dan menerbitkan SK tersebut. 

Foto Penjabat (Pj) Sekdaprov Jatim Bobby  Soemiarsono menandatangani hasil Musda Kwarda Pramuka Jatim, Senin (22/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Penjabat (Pj) Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono menandatangani hasil Musda Kwarda Pramuka Jatim, Senin (22/4/2024).

Dalam forum yang dipimpin langsung oleh Kadispora Jatim Ali Kuncoro, Arum Sabil diputuskan terpilih aklamasi sebagai ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur. 

"Apa semua setuju dengan hasil Musda 2020-2025 ini kita sahkan, dan Arum Sabil ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur," ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur M Ali Kuncoro.

"Setuju," saut peserta Musda yang diikuti semua Kwartir Cabang Pramuka yang ada di 38 Kabupaten/Kota dan spontan semua peserta yang hadirpun berdiri memberikan tepuk tangan.

Setelah itu palu sidang digedok. Dengan putusan itu maka sah kepengurusan Kwarda Pramuka Jatim dipimpin Arum Sabil.

Dengan begitu, hasil Musda Kwarda Pramuka Jawa Timur akan langsung dibawa ke Kwartir Nasional (Kwarnas). Setelah itu akan dibuatkan SK kepemimpinan Kwarda Pramuka Jawa Timur.

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional (Sekjen Kwarnas) Gerakan Pramuka Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Hutomo menjelaskan dengan disahkannya Musda Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Timur, maka tidak ada masalah lagi antara Kwarnas dengan Kwarda Jawa Timur, mari kita kesampingkan ego sektoral dan jangan melihat apa yang terjadi ke belakang, tataplah ke depan untuk Pramuka Indonesia yang lebih maju. 

"Ini bukan dicari salah dan benar cuma kegiatan ini regulasi menindak lanjuti Musda 2020-2025 dan terpilih Aklamasi Kak Arum Sabil sebagai Ketua gerakan Pramuka Jatim," tegasnya.

Foto Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur M Ali Kuncoro sebagai pimpinan sidang menggedok hasil Musda Kwarda Pramuka Jatim, Senin (22/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur M Ali Kuncoro sebagai pimpinan sidang mengedok hasil Musda Kwarda Pramuka Jatim, Senin (22/4/2024).

Bachtiar berharap dengan terpilihnya Arum Sabil bisa membawa Gerakan Pramuka di Jawa Timur semakin maju, sukses dan solid. 

"Terpenting bisa bersinergi dengan Kwartir Nasional," ucapnya.

Selama kurang lebih 4 tahun ini, Kwarnas selalu melibatkan Gerakan Pramuka Jawa Timur. "Kami tidak ingin merugikan anak didik. Jadi kami selalu melibatkan Pramuka Jawa Timur di kegiatan nasional seperti Raimuna, dan Jambore," ucapnya.

Dengan Musda ini, Bachtiar berharap Gerakan Pramuka Jawa Timur akan semakin baik ke depannya. "Kami akan mencari jalan yang terbaik untuk sama sama membangun Pramuka di Indonesia," jelasnya. 

Dengan Musda ini, Kwarnas akan membawa hasil ini ke tingkat nasional dan dalam waktu dekat SK tersebut akan dikeluarkan. 

"Paling tidak lusa sudah bisa keluar," jelas Bachtiar.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Kwartir Pramuka Jawa Timur HM Arum Sabil yakin selama 3 sampai 4 tahun ini Kwarnas melatih untuk bisa memiliki daya tahan, disiplin dan saling menguatkan. 

"Saya Arum Sabil tidak bisa seperti saat ini kalau tidak ada yang menguatkan dan kita semua sepakat untuk saling menguatkan. Kakak-kakak semua telah menguatkan, Ibu Khofifah sebagai Gubernur Jawa Timur saat itu juga menguatkan serta mendukung totalitas semua kegiatan Pramuka di Jawa Timur," bebernya.

Dengan adanya Musda ini, Arum Sabil mengaku senang dan terharu. "Meskipun saya saat ini dalam kondisi tidak fit tetapi mendengar Musda ini membuat saya semangat untuk bisa membawa Pramuka menjadi lebih baik lagi," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Kwarda Pramuka Jatim Jawa timur Dispora Jatim Kwarnas Pramuka Kwarnas dan Kwarda Jatim Kwarnas Arum Sabil