Jadi Juara Umum, Muaythai Jatim Ukir Sejarah Baru di PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

11 September 2024 17:31 11 Sep 2024 17:31

Thumbnail Jadi Juara Umum, Muaythai Jatim Ukir Sejarah Baru di PON XXI 2024 Aceh-Sumut Watermark Ketik
Kegembiraan kontingen muaythai Jatim usai pastikan jadi juara umum di PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Rabu, 11 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, BANDA ACEH – Keberhasilan Muaythai Jawa Timur mengukir sejarah baru dengan meraih juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut. Prestasi Jawa Timur ini menjadi kejutan sendiri bagi daerah lain lantaran pada PON XX 2021 Papua, Jatim tidak berhasil membawa 1 medali sama sekali.

Dengan hasil ini membuat kontingen Jatim meluapkan kegembiraannya setelah memastikan sebagai juara umum dengan raihan 6 medali emas, 9 medali perak dan 3 medali perunggu.

Sorak-sorai dan teriakan yel-yel "Jawa Timur" menggema di Balee Meuseuraya Banda Aceh. Ketua Muaythai Indonesia (MI) Jatim Baso Juherman yang hadir di lokasi pun tak luput dari sasaran luapan kegembiraan kontingen Jatim. Sambil menggenggam medali yang diraih, Baso diangkat beramai-ramai oleh seluruh atlet dan official. Setelahnya, Baso memeluk sejumlah atlet dan official sebagai bentuk kegembiraan dan rasa syukur.

Kerja keras MI Jatim seakan terbayar lunas di PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Sekalipun persiapan yang dilakukan untuk tampil di multieven olahraga nasional empat tahunan terbilang singkat. Namun semuanya berjalan optimal dan mampu mengubah keadaan dari nol medali emas menjadi juara umum.

Baso Juherman resmi pimpin MI Jatim sejak 2022. Sejak itulah, ia bersama pengurus lainnya langsung tancap gas melakukan penataan dan pembinaan. Termasuk mempersiapkan atlet yang akan tampil di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Minimnya atlet muaythai yang berprestasi membuat pihak MI Jatim memutar otak. Tak hanya dengan menggembleng latihan, tapi juga merekrut sejumlah atlet-atlet baru. Menariknya, sejumlah atlet baru tersebut direkrut dari cabang olahraga (cabor) lain. Mulai dari petinju hingga pesilat. Bahkan ada petarung pencak dor yang turut direkrut. Mereka lantas digembleng dengan latihan keras sebelum akhirnya diturunkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut.

Ada beberapa progam latihan yang dilakukan untuk mengasah kemampuan para atlet. Mulai dari latihan rutin, try out hingga mengikuti sejumlah kejuaraan. Beberapa bulan jelang PON XXI 2024 Aceh-Sumut, tim Muaythai Jatim juga dikirim ke Thailand untuk menjalani latihan.

Kini, MI Jatim telah memetik hasil kerja kerasnya. Kendati demikian, Baso Juherman tak lantas berpuas diri. Apalagi target medali emas di PON XXI 2024 Aceh-Sumut tak terpenuhi meski keluar sebagai juara umum. KONI Jatim menargetkan tim muaythai mampu menyumbangkan 7 medali emas.

“Alhamdulillah meskipun target kami tujuh emas, tapi ternyata hanya dapat enam emas. Kami syukuri karena di Papua sama sekali tidak dapat emas. Alhamdulillah hari ini penutupan cabor muaythai, kami juara umum,” ungkap Baso.

Hasil PON XXI 2024 Aceh-Sumut akan menjadi evaluasi bagi pembinaan Muaythai Jatim ke depan. Harapannya bisa meraih prestasi lebih baik. Bukan hanya di tingkat nasional tapi juga internasional.

Tak lupa, Baso menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jatim yang terus memberikan dukungan. “Saya terima kasih kepada semua masyarakat Jatim atas doa yang diberikan. Terima kasih pengcab Muaythai se-Jatim yang telah memberi kontribusi atlet yang bagus untuk jatim. Alhamdulillah bisa juara umum kali ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim M Nabil mengaku bangga dengan prestasi Muaythai Jatim yang memperlihatkan ada perkembangan pesat.

“Ini sebuah lompatan luar biasa. Bukan kebetulan karena betul-betul latihan, diikutkan kompetisi berkali-kali, dikirim ke luar negeri, mendatangkan pelatih asing. Artinya, semua terbayar dengan prestasi memperoleh enam emas, walaupun kami masih punya harapan antara 6-7 (emas) target kami, tapi itu terjawab di perak. Perak kami tujuh yang merupakan potensi emas yang belum tercapai,” kata Nabil. (*)

Berikut daftar atlet muaythai Jatim dan perolehannya di PON XXI 2024 Aceh-Sumut:

Muaythai Jatim Juara Umum
6 Medali emas
- Seni muayBoran putra
- Seni muayboran putri
- Seni muayerobic putri
- ⁠Alfi fight 43 kg putri
- ⁠Stevani fight 51 kg putri
- ⁠Galih fight 48 kg putra

9 Medali
- Adel fight 57 kg putri
- ⁠Ike fight 48 kg putri
- Anisa fight 60 kg putri
- ⁠Bangkit fight 65 kg putra
- ⁠Tomi fight 54 kg putra
- ⁠Goni fight 57 kg putra
- Seni muayerobic putra
- Agung wahyudi 60kg putra
- Aisyah Nur Ramadhani 45kg putri

3 Medali Perunggu
- Wiji fight 63,5 kg putra
- Erfin fight 54 kg putra
- Munte fight 71 kg putra

Atlet nonmedali
- Jamus fight 67 kg putra
- ⁠Wildan fight 43 kg putra

Tombol Google News

Tags:

Muaythai Jatim PON2024 PON PON XXI 2024 Aceh-Sumut Jawa timur Koni Jatim