Jadi Kunci Enterpreneurship, OWeek UC Ajang Praktik Pengembangan Diri dan Peduli Lingkungan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

7 September 2024 11:00 7 Sep 2024 11:00

Thumbnail Jadi Kunci Enterpreneurship, OWeek UC Ajang Praktik Pengembangan Diri dan Peduli Lingkungan Watermark Ketik
Para maba yang mempromosikan produknya di Oweek. (Foto: Humas UC)

KETIK, SURABAYA – Orientasi Week (Oweek) Universitas Ciputra Surabaya adalah sebuah kunci memperkenalkan enterpreneurship bagi para mahasiswa baru, kegiatan ini digelar di Atrium Ciputra World Surabaya pada 2-7 September 2024.

Salah satu acara yang menarik adalah Agenda Selling Day dimulai sejak Jumat. Sejumlah 1600 mahasiswa baru dibagi menjadi 133 kelompok untuk langsung praktik entrepreneurship yaitu membuat produk dan test pasar produk yang dibuat.

Produk tersebut sudah ditentukan oleh panitia dari UC Surabaya, di tahun 2024 produk seputar makanan, minuman dan snack yang berasal dari 5 Benua (Asia, Afrika, Amerika, Australia, Eropa) yang dikemas apik dengan kreasi tiap kelompok.

 

Foto Maba yang mengajak pengunjung agar mampir ke standnya. (Foto: Humas UC)Maba yang gigih mengajak pengunjung agar mampir ke standnya. (Foto: Humas UC)

 

Head Student Affair Novi Rosita, S.Psi kegiatan ini adalah aplikasi dari materi selama O-Week, selama O-week Maba dikenalkan entrepreneurship termasuk pembuatan Business Proposal.

"Jadi tidak sembarangan dalam menentukan produk, harga produk, kemasan produk, dan cara marketingnya,” terang Novi dikutip dari keterangan tertulis Sabtu 7 September 2024.

Novi menambahkan tiap kelompok mendapatkan modal untuk dikelola profit dari selling day menjadi hak dari kelompok.

"Tiap kelompok diharapkan memberikan donasi dari profit untuk kemudian dijadikan dana pengabdian masyarakat, namun uang modal harus dikembalikan,” jelasnya.

Selama kegiatan Oweek, Novi menjelaskan bahwa maba diajak untuk melakukan kegiatan yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).

“Selama Oweek berlangsung, maba dan seluruh panita kita ajak untuk memilah sampah. Kegiatan sederhana namun membawa dampak bagi kelestarian lingkungan," terang Novi.

 

Foto Para pengunjung yang memadati Oweek UC. (Foto: Humas UC)Para pengunjung yang memadati Oweek UC. (Foto: Humas UC)



Ia menjelaskan pihaknya mengajak maba untuk memilah sampah basah dan sampah kering dari nasi kotak dan snack yang dibagikan.

Sampah-sampah yang sudah dipilah itu disetorkan ke bank sampah untuk bisa didaur ulang.

"Dari awal maba masuk dunia perkuliahan, kita siapkan untuk mereka mempunyai pola pikir Entrepreneuship dan juga peduli lingkungan,” ucapnya.

Novi berharap bahwa dimulai dari Oweek ini maba akan memulai langkahnya menjadi seorang Entrepreneur sukses, namun mengutamakan kelestarian lingkungan. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Oweek UC Universitas Ciputra Atrium Ciputra World Surabaya Enterpreneurship UC Surabaya   Orientasi week