Jadwal Sidang Isbat untuk Menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2023

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Naufal Ardiansyah

19 April 2023 09:00 19 Apr 2023 09:00

Thumbnail Jadwal Sidang Isbat untuk Menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2023 Watermark Ketik
Ilustrasi. Proses rukyatul hilal. (Foto: Dok. Kemenag)

KETIK, JAKARTA – Saat ini, kita sudah memasuki akhir Ramadan dan akan segera memasuki Syawal. Setelah Ramadan berakhir, maka umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa dikenal dengan sebutan Lebaran.

Namun, kapan persisnya sidang isbat yang menentukan 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah diadakan? Berikut ini adalah penjelasannya.

Setiap tahun, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama 29 atau 30 hari bergantung pada peredaran bulan. Setelah berpuasa selama sebulan, besoknya akan dirayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia.

Hari Raya Idul Fitri dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia setiap tahun pada 1 Syawal. Namun, penetapan tanggal tersebut tidak bisa dilakukan hanya dengan melihat kalender Masehi..

Untuk menetapkannya dalam kalender Hijriah, perlu mengikuti peredaran sinodis bulan yang telah dilakukan. Terdapat dua cara menetapkan 1 setiap bulan dalam kalender Hijriah, yaitu melalui metode rukyat atau hisab.

Kedua metode tersebut tidak bisa digunakan oleh sembarang orang, melainkan perlu pemahaman atau keahlian khusus. Di Indonesia, terdapat beragam organisasi yang melakukan metode tersebut, seperti NU dengan metode rukyat dan Muhammadiyah dengan metode hisab.

Pemerintah sebagai pihak yang berwenang tidak tinggal diam, melainkan bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Kementerian Agama dalam menetapkan 1 Syawal. MUI merupakan salah satu lembaga independen yang anggotanya terdiri atas perwakilan berbagai ormas Islam di seluruh Indonesia.

Dalam menentukan kapan Hari Raya Idul Fitri, pemerintah bersama MUI akan membentuk tim untuk melakukan perhitungan hisab dan memantau hilal di berbagai tempat di Indonesia. Kedua metode tersebut akan dijadikan patokan dalam penetapan Hari Raya Idul Fitri yang akan diumumkan langsung oleh pemerintah.

Untuk menetapkan kapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, kita perlu mengetahui awal Ramadan pada tahun ini terjadi pada 23 Maret 2023. Biasanya, sidang isbat digelar pada 29 Ramadan 1444 H atau pada Kamis, 20 April 2023.

Jika hilal sudah terlihat pada malam tanggal tersebut, maka keesokan harinya yakni 21 April 2023 akan ditetapkan sebagai Hari Raya Idul Fitri. Namun, jika hilal tidak terlihat, maka umat Islam harus melengkapi puasa selama 30 hari dan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 22 April 2023. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rukya hilal isbat hari raya idul fitri