Jangan Asal Pilih! Ini 5 Jurusan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: Muhammad Faizin

4 Maret 2024 05:04 4 Mar 2024 05:04

Thumbnail Jangan Asal Pilih! Ini 5 Jurusan Paling Menjanjikan di Masa Depan Watermark Ketik
Ilustrasi mahasiswa melempar topi toga saat wisuda (Foto: istockphoto.com)

KETIK, SURABAYA – Memilih jurusan kuliah tentu tidak bisa sembarangan. Pasalnya, pilihan jurusan kuliah bisa berpengaruh besar terhadap prospek kerja ke depan. Tentunya semua ingin setelah lulus kuliah bisa cepat dapat kerja bukan? Nah, apa saja sih jurusan paling menjanjikan di masa depan?

Artikel kali ini akan merangkum 5 jurusan yang lulusannya sangat dibutuhkan dunia kerja hingga lima tahun mendatang menurut World Economic Forum (WEF). Apa saja jurusan itu dan di mana saja universitasnya? Simak sampai habis!

 

Jurusan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Menurut laporan World Economic Forum,  ada banyak pekerjaan baru yang bakal muncul dan ada beberapa pekerjaan yang terancam hilang selama rentang waktu 2023-2027.

Foto Laporan World Economics Forum 2023 tentang prediksi pekerjaan masa depanLaporan World Economics Forum 2023 tentang prediksi pekerjaan masa depan. (world bank.org) 

Perubahan ini terjadi karena semakin pesatnya perkembangan kecerdasan buatan yang berpengaruh pada bisnis global. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah jurusan yang memiliki prospek kerja yang tidak mudah tergerus perkembangan teknologi seperti:

1 . Jurusan Artificial Intelligence (AI)

Siapa bilang Indonesia tidak memiliki jurusan AI. Jurusan paling menjanjikan di masa depan ini sudah ada di beberapa universitas ternama Indonesia baik jenjang sarjana maupun magister, lho!

Di sana kalian bisa mempelajari banyak hal tentang kecerdasan buatan seperti virtual assistant, chatbot, mobil self driving, dan ilmu komputer lainnya yang mampu menciptakan inovasi dan solusi cerdas di berbagai bidang.

Prospek kerjanya pun sangat menjanjikan bahkan sangat dibutuhkan masa mendatang. Lulusannya  bisa menjadi big data specialist, AI engineer, technopreneur, automation engineer, ahli otomsdi industri, dan lain-lain.

Lantas, di universitas mana jurusan AI ini ada?

  • Prodi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan: Universitas Airlangga
  • Jurusan Artificial Intelligence (AI Terapan): Binus University
  • Jurusan Rekayasa Kecerdasan Artifisial: Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya
  • Prodi Kecerdasan Artificial (S2): Universitas Gadjah Mada (UGM) 
  • Sains Data dan Kecerdasan Buatan (S2): Universitas Sumatera Utara
  • Mekatronika dan Kecerdasan Buatan: Universitas Pendidikan Indonesia kampus Purwarkarta.

2. Jurusan Sistem Informasi

Ingin berkarir sebagai Business Intelligence (BI)? Kalian bisa masuk ke jurusan sistem informasi.

Di sana kalian bisa belajar menggunakan teknologi informasi untuk mendukung operasional bisnis dan pengambilan keputusannya. Belajar bagaimana mengelola sistem informasi untuk kebutuhan bisnis, manajemen dan strategi bisnis serta menggabungkan teknologi informasi dengan bisnis.

Untuk kampusnya, kalian bisa memilih kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, ITS, Binus University, dan lain-lain.

3. Jurusan Aktuaria

Sudah pernah dengar jurusan aktuaria? Aktuaria termasuk jurusan baru yang muncul di beberapa perguruan tinggi Indonesia sekitar tahun 2017.

Meskipun baru, jurusan dengan nama lain matematika statistika ini langsung mendapat passing grade nilai UTBK tertinggi di bidang Sains dan Teknologi 2019.

Di sini kalian akan belajar banyak hal tentang pengelolaan keuangan di masa mendatang. Prospek kerjanya pun sangat menjanjikan. Lulusannya bisa menjadi aktuaris, data analysts and scientists, bekerja di industri asuransi, investasi, dan bidang keuangan lainnya.

Lantas, apa bedanya dengan statistika? Mengutip laman resmi its.ac.id, banyak orang yang masih berpikir keduanya sama, padahal memiliki perbedaan mendasar.

Statistika lebih berfokus pada menganalisis prediksi dan pengambilan keputusan atas permasalahan berdasarkan data dan fakta. Sementara aktuaria, lebih kepada analisis pengelolaan risiko dan data finansial.

Meski berbeda, keduanya memegang peran penting dalam perkembangan sains dan analitika data.

Untuk nama universitas yang menyediakan jurusan aktuaria antara lain ITS, UGM, IPB, ITB, UI, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjajaran, dan lain-lain.

4. Jurusan Teknik Robotika

Jurusan paling menjanjikan di masa depan lainnya adalah teknik robotika. Sesuai namanya, di jurusan ini mahasiswa belajar merancang, membuat, menguji, dan memperbarui robot.

Mereka menciptakan robot-robot yang bisa memudahkan pekerjaan manusia. Terlebih dalam industri manufaktur, rekayasa robotika bisa meningkatkan efisiensi dan keselamatan kerja.

Prospek kerjanya, mahasiswa bisa menjadi teknisi robot yang andal. Kalian bisa mempelajari keilmuan ini di beberapa universitas ternama Indonesia seperti Universitas Airlangga Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Binus University, dan Politeknik Negeri Batam.

5. Jurusan Digital Marketing

Jurusan ini jadi incaran banyak orang karena memang dibutuhkan untuk perkembangan bisnis masa depan.

Banyak perusahaan yang membutuhkan skill pemasaran digital untuk menjual produk maupun layanannya baik menggunakan media sosial, SEO, email marketing, KOL, website, dan lain-lain.

Kenapa? Karena pemasaran digital lebih efisien dan mudah terukur daripada pemasaran konvensional. Di jurusan ini, kalian bisa mempelajari berbagai macam teknik pemasaran digital mulai dari promosi produk hingga menarget konsumen yang tepat dan cepat.

Kalian bisa mendalami ilmu ini dengan masuk ke jurusan berikut:

  • Prodi Digital Marketing: Binus University
  • Jurusan Bisnis: IPB University
  • Bisnis Digital: Universitas Padjajaran
  • Digital Bussines & Marketing: Politeknik Ubaya
  • Digital Marketing: Sampoerna University
  • Bisnis Digital: Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 
  • D3 Digital Marketing: Telkom University.

Itulah jurusan paling menjanjikan di masa depan yang prospek kerjanya bagus sesuai prediksi World Economics Forum terbaru. Berminat masuk ke salah satu jurusan tersebut ? (*) 

Tombol Google News

Tags:

jurusan paling menjanjikan di masa depan World Economics Forum Jobs 2023 Jurusan Aktuaria Jurusan AI Jurusan Sistem Informasi Jurusan Teknik Robotika Jurusan Digital Marketing
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1