Jangan Diremehkan, Inilah Manfaat Berjalan Kaki setelah Makan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

8 Januari 2024 17:34 8 Jan 2024 17:34

Thumbnail Jangan Diremehkan, Inilah Manfaat Berjalan Kaki setelah Makan Watermark Ketik
Ilustrasi berjalan kaki. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga ringan yang mudah dilakukan semua orang. Walau tergolong ringan, namun manfaatnya tidak boleh disepelekan. Apalagi bila dilakukan setelah makan, olahraga ini ternyata membawa banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Setelah makan biasanya banyak orang lebih memilih duduk atau rebahan. Namun tidak ada salahnya bila mulai membiasakan diri berjalan kaki setelah makan minimal 10 menit.

Ellen Thompson, personal training bersertifikat di Blink Fitness mengatakan, untuk mendapatkan manfaat berjalan kaki, olahraga ini perlu dilakukan secara rutin dan kumulatif, karena konsistensi dalam berolahraga adalah kunci.

"Meskipun berjalan kaki 10 menit setelah makan memberikan berbagai manfaat, melakukan aktivitas fisik secara teratur sepanjang hari sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan " jelasnya dilansir dari Eat This Not That.

Berikut ini adalah manfaat berjalan kaki setelah makan dan efeknya bagi kesehatan. Simak ulasannya.

1. Menyehatkan pencernaan

Berjalan kaki setelah makan akan membantu proses pencernaan makanan. Dengan berjalan kaki, maka makanan yang baru dikonsumsi pergerakannya akan lebih baik saat masuk ke proses pencernaan. Hali ini juga mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti perut kembung.

2. Menjaga kadar gula darah

Berjalan-jalan setelah makan akan membantu otot meningkatkan penyerapan glukosa dalam darah. Hal ini tentu bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menjaga resistensi insulin.

3. Menjaga berat badan

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of General Medicine menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan akan membantu menurunkan berat badan apabila langsung dilakukan tanpa menunggu satu jam setelah makan. 

Berjalan-jalan pendek akan membantu pembakaran kalori. Hal ini tentu kabar gembira bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa harus bersusah payah.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memegang peranan sangat penting. Oleh sebab itu menjaga kesehatan jantung sangat dianjurkan dan hal tersebut dapat dimulai hanya dengan berjalan kaki. 

Dengan berjalan kaki, sirkulasi darah akan meningkat dan hal tersebut dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

5. Meningkatkan mood

Selain untuk kesehatan, olahraga juga bermanfaat untuk mmeperbaiki mood. Hal ini karena setelah berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesejahteraan mental.(*)

Tags:

kesehatan berjalan kaki makan Olahraga jantung kardiovaskuler menurunkan berat badan