Jangan Khawatir! Struk Tol Hilang Kini Bisa Dicetak Sendiri, Ini Caranya

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

16 Mei 2023 13:01 16 Mei 2023 13:01

Thumbnail Jangan Khawatir! Struk Tol Hilang Kini Bisa Dicetak Sendiri, Ini Caranya Watermark Ketik
Ilustrasi. Alat pendeteksi kartu tol dan layar untuk melihat saldo  di pintu masuk Waru, Sidoarjo. (Foto: Kuncoro S/ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Bila sopir kendaraan yang sering keluar masuk tol dan kehilangan struk tanda bayar, tidak perlu resah. Pengelola jalan tol kini menyediakan aplikasi untuk bisa mencetak sendiri struk tol melalui smartphone. 

Aplikasi kehilangan struk tol bisa diinstal pada smartphone yang memilik fitur near fied communication (NFC). Caranya pengguna bisa memasukkan nomor telepon dan tab kartu tol. Artinya kartu tol yang digunakan  saat  mereka masuk ke pintu tol. 
Setelah berhasil kartu bisa ditab ke smartphone. Nah, pengemudi yang kehilangan struk tol tersebut langsung  melihat transaksi yang telah dilakukan sebelumnya di hp. Setelah melihat transaksi, sopir bisa mendown load dan bisa  mencetak. 

Kemudahan  lain yang bisa  dipakai pemakai tol adalah mengecek tarif tol. Khusus tarif tol tranas Jawa. Selain itu bisa melihat situasi jalan tol melalui CCTV yang terpasang di tol. Info lain bagi pengguna jalan melalui aplikasi ini bisa melihat jarak rest area, fitur mobil derak yang ada di tol.

Aplikasi yang dibuat oleh Jasa Marga sudah banyak diunduh oleh masyarakat pengguna tol, sehingga pemakai tol akan lebih mudah memperoleh informasi berkaitan kondisi tol, sekaligus cek ulang kartu struk tol yang hilang. 

Sementara itu, Dominicus Hari Pratama, GM Representative  Office (RO) 3 kepada salah satu awak media menjelaskan, adanya kemudahan aplikasi tersebut pengemudi yang kehilangan struk tol tidak perlu bingung. Sebab struk tol yang hilang bisa dicetak secara digital. 

Wahyu Sudiono, salah seorang sopir perusahaan swasta menyambut baik  usaha yang dilakukan pengelola tol. Dia menilai bagus adanya aplikasi tersebut  bisa mencetak  struk tol secara mandiri. 

"Struk tol yang saya simpan sering hilang dan terkadang rusak," katanya (*)

Tombol Google News

Tags:

TOL aplikasi tol cetak struk yang hilang