Jangan Salah Pilih! Inilah 7 Jurusan Kuliah Paling Dicari Perusahaan 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

11 Januari 2023 07:51 11 Jan 2023 07:51

Thumbnail Jangan Salah Pilih! Inilah 7 Jurusan Kuliah Paling Dicari Perusahaan  Watermark Ketik
Ilustrasi sarjana. (Foto: Pinterest) 

KETIK, SURABAYA – Beragamnya jurusan kuliah dapat membuat bingung bagi calon mahasiswa. Agar memudahkan dan memberikan referensi, anda bisa memilih jurusan perkuliahan yang paling banyak dicari di perusahaan.

Jika ingin berkarier atau bekerja di perusahaan, ada jurusan kuliah tertentu yang punya peluang besar ditampung dunia kerja. Calon Mahasiswa maupun yang sudah Mahasiswa harus tahu hal ini!

Jadi, calon mahasiswa atau siswa SMA, SMK yang akan ikut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, bisa menggunakan data di bawah ini untuk referensi.

Mengutip dengan beberapa sumber dan pengembangan tim riset Ketik.co.id, berikut 7 jurusan perkualihan yang banyak dibutuhkan di 2023. Cek!

1. Teknik Informatika

Jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan di masa mendatang berikutnya adalah teknik informatika. Umumnya, jurusan tersebut dapat ditemukan di Fakultas Teknik atau berdiri sebagai fakultas sendiri.

Adapun profesi yang bisa dipilih lulusan ini adalah information security analyst, software and application developer, hingga internet of things specialist.

2. Digital Marketing

Di era digital, tentunya digital marketing menjadi jurusan yang paling diincar. Mahasiswa nantinya akan mempelajari strategi pemasaran digital, optimalisasi media sosial, hingga analisis pasar.

Foto Ilustrasi digital bisnis. (Foto: Pinterest)Ilustrasi digital bisnis. (Foto: Pinterest)

3. Teknologi Bisnis Digital

Jurusan kuliah yang bakal booming di era digital selanjutnya adalah Teknologi Bisnis Digital. Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari bisnis digital yang berhubungan dengan marketplace, big data, hingga kecerdasan buatan.

4. Kedokteran

Jenjang karier lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan. Selain dapat membuka praktik, kamu juga dapat membuka layanan konsultasi online.

Kamu juga dapat melanjutkan kembali pendidikan dengan mengambil spesialisasi di bidang tertentu yang sesuai dengan minatmu.

5. Akuntasi dan Keuangan

Akuntansi dan keuangan juga merupakan salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan. Pasalnya, setiap perusahaan memerlukan seorang akuntan.

Peluang karier jurusan ini juga cukup beragam, mulai dari akuntan publik auditor, internal, analisis, keuangan, hingga manajer perpajakan.

Foto Ilustrasi desain komunikasi visual. (Foto: Pinterest)Ilustrasi desain komunikasi visual. (Foto: Pinterest)

6. Desain Komunikasi Visual

Banyaknya Perusahaan startup membutuhkan lulusan DKV untuk mendesain katalog promosi, advertising di media sosial.

Bahkan, beberapa startup yang membuat aplikasi tertentu merekrut lulusan DKV untuk membuat tampilan visual aplikasi atau web.

7. Teknologi Informasi 

Sistem Komputasi dan Data kini telah menjadi salah satu aset berharga bagi perusahaan. Perusahaan dapat mengambil keputusan strategis yang tepat melalui data yang diolah secara baik.

Pengolahan dan pemeliharaan terhadap sistem komputer dan data perlu dilakukan berkala. Sehingga, kebutuhan terhadap tenaga kerja di bidang ini akan terus ada dan meningkat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jurusan teknik informatika digital marketing teknologi bisnis digital Kedokteran akuntansi desain komunikasi visual teknologi informasi jurusan paling dicari perusahaan