Jangan Sepelekan! Ini Pentingnya Minum Tablet Tambah Darah Bagi Perempuan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

2 Desember 2023 00:10 2 Des 2023 00:10

Thumbnail Jangan Sepelekan! Ini Pentingnya Minum Tablet Tambah Darah Bagi Perempuan Watermark Ketik
Remaja putri mengkonsumsi tablet tambah darah dari sekolah. (Foto: sehatnegeriku.kemkes.go.id)

KETIK, MALANG – Rutin mengkonsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) penting dilakukan sejak remaja, khusunya bagi perempuan. Hal tersebut sebagai salah satu investasi jangka panjang bagi kesehatan tubuh, terlebih setiap bulannya perempuan mengalami fase menstruasi yang dapat menyebabkan kehilangan banyak darah.

Darah yang keluar ketika menstruasi dapat mempengaruhi jumlah zat besi yang terkandung dalam tubuh. Untuk itu penggunaan TTD secara rutin dapat membantu perempuan dalam mencukupi kebutuhan zat besi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan perempuan mengalami beberapa penyakit seperti anemia.

Dilansir dari Promkes.kemenkes.go.id, pemberian TTD dapat dilakukan kepada remaja putri sejak usia 12-18 tahun melalui institusi pendidikan, khususnya UKS. Dosis pencegahan dilakukan dengan memberikan satu tablet tambah darah setiap minggu selama 52 minggu.

Berikut adalah manfaat rutin mengkonsumsi TTD bagi perempuan, terutama remaja putri!

1. Mencegah Anemia
Anemia merupakan kondisi tubuh ketika kadar hemoglobin dalam sel darah merah lebih rendah dari standar. Hemoglobin sendiri berfungsi mengikat dan menghantarkan oksigen ke seluruh sel jaringan tubuh untuk menjalankan fungsinya. Ketika anemia, seseorang akan mengalami lesu, lelah, lemah, letih, dan lunglai.

2. Mencegah Stunting
Akibat kehilangan banyak darah saat menstruasi, dan tidak diimbangi dengan konsumsi TTD, membuat perempuan rentan mengalami anemia. Apabila sejak remaja telah mengalami anemia, maka dikhawatirkan ketika telah berada di masa kehamilan, berisiko kembali mengalami anemia. Peningkatan volume darah sangat penting pada masa kehamilan, khususnya untuk plasenta, janin, dan cadangan zat besi dalam asi. Untuk itu mengkonsumsi TTD dapat mencegah anemia yang memicu stunting.

Namun perlu diingat bahwa selain rutin mengkonsumsi TTD, perempuan dan remaja putri juga harus memenuhi kebutuhan gizi lainnya. Sangat penting untuk menciptakan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sumber zat besi seperti bayam, brokoli, kacang merah, daging, tahu, dan makanan lainnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tablet Tambah Darah Anemia Konsumsi TTD Stunting Remaja Putri