Jejak Langkah Kadisnaker Halsel Soadri Ingratubun, Masuk Kafe-Kafe Penuh LC hingga Lurus ke Masjid

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

7 Februari 2024 03:00 7 Feb 2024 03:00

Thumbnail Jejak Langkah Kadisnaker Halsel Soadri Ingratubun, Masuk Kafe-Kafe Penuh LC hingga Lurus ke Masjid Watermark Ketik
Kadisnaker Halmahera Selatan Soadri Ingratubun (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Butuh nyali besar bagi seorang publik figur bertahan dalam sebuah birokrasi Pemerintahan. Apalagi sosok tersebut berada langsung dalam lingkaran birokrasi.

Tentu persaingan dalam ruang lingkup itu membutuhkan kreasi dan formulasi kerja untuk mendukung dan mendorong percepatan kemajuan daerah.

Namun, eksistensi demikian tak bisa sembarang disematkan kepada para pelaku individu yang telah lama berjalan di dalam dunia super image yang penuh liku-liku.

Pantas atau tidak, kenyataan tersebut layak digaungkan kepada seorang lelaki Kei yang lama menelan asam dan manis perjalanan suatu pemerintahan. Lelaki Maluku itu bernama Soadri Ingratubun yang kini menjabat sebagai Kadisnaker Halmahera Selatan.

Setelah mengecap kursi teratas di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Halmahera Selatan, Soadri begitu lihai dalam mengatur instalasi OPD. Arus listrik yang sering ditawarkan Soadri, sudah teruji menerangi ruang OPD yang dipimpinnya.

Sedikit yang disampaikan Soadri saat berbincang tentang iman dan takwa saat menjamu beberapa wartawan bersilaturahim ke kantornya. Meski telah lama menghirup udara kedinasan sebagai seorang ASN, segala bentuk keputusan dan pengambilan kebijakan yang ia lakukan hanya bertujuan memberi isyarat dan pengalaman bagi kemajuan negeri Saruma tempat ia berpijak dan namanya dibesarkan.

Foto Komjen Soadri menghadiri Peresmian aula kantor Bupati dan peringatan Isra Mi'raj.Soadri saat menghadiri Peresmian aula kantor Bupati dan peringatan Isra Mi'raj. (Foto: Mursal/Ketik.co.id)

"Semua kita bertujuan baik, kalaupun ada yang tak baik mudah-mudahan Allah memgampuni. Cukup lama saya berkecimpung di dunia pemerintahan, Allah Maha Tahu apa yang menjadi niat saya. Saya hanya ingin berbuat baik untuk negeri ini," ucap Soadri saat bercerita lepas di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2024)

Soadri sendiri akhir-akhir ini diterpa isu miring akibat pemberitaan yang melesatkan namanya sebagai pria hidung belang yang menjalin hubungan dengan banyaknya para LC di tempat Hiburan malam.

Isu ini dibantah keras Soadri: "Setiap berita, yang dibaca jangan cuman judulnya, baca juga isi beritanya. Judul dalam berita boleh miring, tapi isi berita positif kok. Saya banyak berkawan dengan jurnalis jadi saya tau berita seperti yang dimaksudkan adalah berita yang mengundang pembaca," ucap Soadri sambil meneguk kopi dan mengepul asap rokok dari dalam mulutnya.

Terlepas dari hal itu, Soadri kemudian mendekatkan kursi tempat duduknya. Dengan pelan ia berbisik, "Kita tidak selamanya di dunia! Teruslah berbuat baik biar orang lain memfitnah," bisik Soadri.

Dari bisikan pelan itu, Soadri tautkan aktivitas kesehariannya. Peci di kepalanya bukan hanya sebatas penutup kepala yang ia gunakan untuk sholat. Namun, jalan dakwa yang disetarakan dengan tugasnya, yakni melakukan kewajiban sebagai kepala rumah tangga, memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya di dunia, namun juga tak lupa bekal kelak di akhirat.

"Masuk kafe karena tugas. Bekerja demi anak istri dan keluarga. Tapi jangan lupa akhirat. Jangan sampai kalian lupa jalan menuju masjid, apalagi masjid kalian yang di dada," kata Soadri yang terlihat menundukan kepala.

Hampir habis waktu bercerita, Soadri banyak memberi wejangan tentang islam dan hidayah yang di temukannya di tiap sholat tengah malam. Bahkan, Ia pernah sakit saat berkunjung ke India, Pakistan, dan Bangladesh. Atas Hidayah dan karunia Allah Soadri bertemu dengan sejumlah Ulama daratan Asia yang mendoakannya hingga sembuh dan kembali pulang ke Indonesia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Soadri Ingratubun Jalan dakwah Kadisnaker Halsel Sosok Kepala OPD
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1