Jelang Lebaran, Tiga Style Ini Jadi Tren Permintaan Renovasi Rumah

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

14 April 2024 06:00 14 Apr 2024 06:00

Thumbnail Jelang Lebaran, Tiga Style Ini Jadi Tren Permintaan Renovasi Rumah Watermark Ketik
Ilustrasi proses renovasi rumah. (Foto: Gravel)

KETIK, MALANG – Memasuki momen lebaran 2024 ini terjadi peningkatan akan perbaikan dan renovasi rumah. Terdapat tiga tren yang sedang diminati oleh masyarakat yakni perubahan gaya hidup, rumah pintah, dan juga do it yourself (DIY).

Tren pertama yang disebabkan oleh perubahan gaya hidup dimulai pada masa transisi dari pandemi Covid-19 menuju new normal. Pandemi Covid-19 memunculkan pola kerja dari rumah atau work from home.

Kondisi tersebut memunculkan kebutuhan akan ruang kerja khusus, yang efisien dan nyaman di dalam rumah. Tak hanya untuk bekerja, ruang khusus bagi tempat belajar anak-anak pun mulai dibutuhkan. Termasuk area bersantai untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan tetap menjaga kewarasan.

Georgi Ferdwindra Putra selaku Co CEO dan Co Founder Gravel, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang konstruksi menjelaskan permintaan renovasi rumah tak hanya disesuaikan dengan kebutuhan fungsional, namun juga nilai estetika.

"Kebutuhan fungsi yang cenderung spesifik, seperti ruang kerja, ruang belajar, area rekreasi, tak jarang membutuhkan perombakan. Banyak yang mulai mengatur ulang tata letak rumah mereka bahkan melakukan renovasi untuk memenuhi kebutuhan ini,” ujarnya.

Tren kedua ialah teknologi rumah pintar yang dapat mempermudah hidup, banyak diminati oleh masyarakat modern saat ini. Tak hanya kenyamanan yang ditawarkan, namun juga efisiensi energi hingga pengelolaan sumber daya juga menjadi perhatian.

Ada banyak fasilitas modern yang diterapkan dalam rumah pintar atau smart home. Mulai dari lampu yang dapat dikendalikan secara otomatis, pengatur suhu ruangan, dan lainnya.

"Ditambah dengan kesadaran lingkungan juga ikut mendorong banyak orang mencari bahan bangunan ramah lingkungan dan solusi yang dapat mengurangi dampak lingkungan dari renovasi mereka," lanjutnya.

Tren lainnya yang muncul dalam momen menyambut lebaran 2024 ialah home improvement DIY yang marak diperbincangkan di media sosial. Melelui tren tersebut tak jarang masyarakat memanfaatkan barang bekas untuk disulap menjadi barang bernilai guna namun tetap terlihat cantik.

“Inspirasi DIY melalui platform-platform seperti YouTube, Instagram, TikTok dan Pinterest, memang sangat menarik. Terbukti, semakin banyak konsumen aplikasi Gravel yang melakukan renovasi terinspirasi dari tren DIY,” tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Renovasi rumah Tren Renovasi Rumah Jelang Lebaran Momen Lebaran
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1