Jelang Pemilu, Gravel Prediksi Industri Konstruksi Indonesia Bakal Alami Peningkatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

2 Februari 2024 11:38 2 Feb 2024 11:38

Thumbnail Jelang Pemilu, Gravel Prediksi Industri Konstruksi Indonesia Bakal Alami Peningkatan Watermark Ketik
pekerja sedang mengerjakan konstruksi bangunan. (Foto: Dok. Gravel)

KETIK, JAKARTA – Di tengah suhu perpolitikan tanah air yang kian panas menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang, industri konstruksi Indonesia berada di persimpangan penting. Tidak hanya sebagai barometer ekonomi, sektor ini juga menjadi cerminan langsung dari kebijakan politik yang diambil.

Pemilu, dalam hal ini, bukan sekadar pertarungan politik,  melainkan juga penentu arah dan kecepatan pertumbuhan industri konstruksi. Berdasarkan tren tiga pemilu terakhir, terlihat bahwa industri konstruksi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. 

Pada Pemilu 2009 terjadi peningkatan pendapatan keseluruhan sektor konstruksi sebesar 9%. Di tahun 2014, industri konstruksi juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 12,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Tren serupa juga terjadi pada Pemilu 2019, di mana pendapatan dari perusahaan konstruksi di Indonesia meningkat 17,39% dibanding tahun sebelumnya. 

Co-founder dan Co-CEO Gravel, Georgi Ferdwindra Putra melihat sektor konstruksi di Indonesia 2024 tetap mampu memberikan kontribusi pada pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk mendorong pembangunan, peran teknologi baru dalam konstruksi menjadi hal yang tidak dapat diabaikan.

“Pemilu 2024 menjadi salah satu pendorong untuk mengakselerasi adopsi teknologi di industri konstruksi di tengah tantangan dan dinamika situasi ke depan," jelasnya

"Salah satu kunci industri konstruksi dapat terus maju terletak pada seberapa jauh sektor ini mampu beradaptasi dengan perubahan," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Co-founder dan Co-CEO Gravel, Fredy Yanto menambahkan, sejak berdiri Gravel membuktikan konsistensinya untuk mengikuti perkembangan zaman dengan terus berinovasi dalam industri konstruksi.

Gravel juga memegang komitmen mendukung pemerintah dalam pembangunan infrastruktur melalui inovasi teknologi.

"Gravel siap membantu pemerintah dan pelaku usaha dengan menyediakan solusi satu pintu untuk berbagai kebutuhan konstruksi melalui kemudahan akses," tambahnya.(*)

Tags:

Bisnis konstruksi Gravel pemilu2024 prediksi politik