Jens Raven, Bintang Baru Timnas U-19 Indonesia, Gemar Soto Ayam hingga Gado-Gado

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

21 Juli 2024 01:56 21 Jul 2024 01:56

Thumbnail Jens Raven, Bintang Baru Timnas U-19 Indonesia, Gemar Soto Ayam hingga Gado-Gado Watermark Ketik
Jens Raven pemain Timnas Indonesia U-19 menjadi idola baru suporter Indonesia, Sabtu (20/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Jens Raven jadi idola baru suporter Indonesia. Striker yang proses naturalisasinya baru rampung Juni kemarin itu kini langsung bermain untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 yang sekarang berlangsung di Surabaya.

Nama penyerang berusia 18 tahun dari tim FC Dordrecht di liga Belanda itu makin mencuri perhatian lantaran ikut menyumbang satu gol pada pesta kemenangan Indonesia 6-0 atas Filipina di laga pertama, Rabu (17/7/2024).

Raven memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Yogyakarta.

Saat ditemui Ketik.co.id di sela-sela perhelatan Piala AFF U-19 di Surabaya, Raven mengaku tidak perlu waktu lama beradaptasi dengan makanan khas Indonesia yang kaya rasa. Ini karena neneknya selalu memasak untuknya masakan Indonesia.

"Yang paling sering makan makanan seperti soto ayam, nasi goreng dan gado-gado. Itu yang memang paling sering dimasakkan oleh nenek dan itu yang membuat saya suka," ucap Raven, Sabtu (20/7/2024).

Raven mengakui di masa kecil belum pernah berkunjung ke Indonesia. "Saat itu mau ke Indonesia tapi ada Covid-19 jadi tidak mungkin datang dan ini memang pertama kalinya," ucapnya.

Raven menyebut kini dirinya sudah mulai terbiasa dengan suhu tropis Indonesia. "Saya rasa suhu di Surabaya saat ini lebih baik, jadi saya akan berusaha untuk bisa beradaptasi dengan cepat," ucapnya.

Raven memiliki motivasi tersendiri untuk menjadi striker top Indonesia. Pria kelahiran 12 Oktober 2005 ini sangat mengidolakan bintang Argentina Lionel Messi. "Dia mainnya bagus, jadi saya punya motivasi tersendiri untuk bisa meraih prestasi seperti dirinya," jelasnya.

Raven mengaku juga mengidolakan Calvin Verdonk. Bek kiri berusia 27 tahun itu juga punya darah keturunan Indonesia dan kini telah dinaturalisasi untuk membela Timnas senior merah putih.

"Saya beberapa kali melakukan komunikasi dengannya dan saya bicara soal naturalisasi hingga budaya Indonesia ke dirinya," ucap Raven.

Saat disinggung apa ingin menyaingi Rafael Struick, striker naturalisasi yang sudah lebih dulu tampil di  timnas Indonesia senior, Raven mengaku kini hanya ingin fokus dengan Timnas Indonesia U-19. "Saya fokus di sini saja dulu dan membawa Indonesia meraih prestasi lebih baik," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jens Raven Pemain timnas Indonesia U-19 U-19 Piala AFF U-19