Jeruk Nipis Bisa Bikin Kulit Wajah Sehat, Lho! Simak Caranya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

5 Juni 2024 23:20 5 Jun 2024 23:20

Thumbnail Jeruk Nipis Bisa Bikin Kulit Wajah Sehat, Lho! Simak Caranya Watermark Ketik
Ilustrasi Jeruk Nipis. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) merupakan salah satu bahan makanan yang sering kita jumpai di dapur dan di atas meja makan. Jeruk nipis seringkali dijadikan bahan tambahan atau pelengkap suatu hidangan, khususnya hidangan Indonesia.

Namun tahukah kamu jika jeruk nipis ternyata memiliki manfaat lain selain sebagai bumbu dapur. Karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi jeruk nipis bisa memberikan manfaat bagi kulit wajah. 

Berikut ini kami ulas beragam manfaat jeruk nipis yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Dengan kulit wajah yang sehat tentu akan membuat seseorang menjadi lebih percaya diri.

1. Membuat wajah tampak lebih muda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut rupanya bermanfaat untuk memulihkan kulit dan membuatnya terlihat lebih awet muda. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan rutin meminum air perasan jeruk nipis. 

2. Mengatasi bintik hitam di wajah

Bila kamu memiliki wajah yang penuh bintik hitam, mungkin bisa menggunakan air jeruk nipis untuk menyamarkannya. Sama seperti buah-buahan citrus lain, jeruk nipis bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit secara alami.

3. Mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang cukup banyak dialami oleh banyak orang. Timbulnya jerawat di wajah tentu sangat mengganggu penampilan sehingga membuat seseorang tidak percaya diri.

Hal tersebut ternyata bisa diobati dengan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung antibakteri yang membantu meredakan jerawat. Sebab, jerawat seringkali muncul karena perkembangan bakteri pada kulit wajah yang masuk ke pori-pori.

4. Mengangkat sel kulit mati

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat yakni dengan rutin melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Hal ini dikarenakan sel kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit wajah terlihat kusam.

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis memiliki manfaat dalam membantu mengeksfoliasi sel kulit mati. Selain itu, jeruk nipis mencegah sel kulit mati menyumbat pori-pori dan mengakibatkan bintik hitam.

5. Mengurangi kerutan

Bagi anda yang wajahnya sudah mulai timbul kerutan, mungkin sudah saatnya untuk mengkonsumsi air perasan jeruk nipis. Hal ini karena air perasan jeruk nipis berperan dalam produksi kolagen, protein yang menjaga kekuatan kulit, rambut, dan kuku.

Kolagen membantu menjaga elastisitas wajah dan mengencangkan kulit sehingga tidak ada kerutan.(*)

Tombol Google News

Tags:

gaya hidup kulit sehat Jeruk Nipis Kesehatan kulit Wajah Citrus Antioksidan  Vitamin C