Jika Macet Total, Jalur Masuk Kota Batu Akan Diberlakukan Satu Arah

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

21 Desember 2023 10:54 21 Des 2023 10:54

Thumbnail Jika Macet Total, Jalur Masuk Kota Batu Akan Diberlakukan Satu Arah Watermark Ketik
Kondisi persimpangan Jalan Pattimura menuju Jl Dewi Sartika Kota Batu, Kamis (21/12/2023). (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Polres Batu akan menerapkan sistem satu arah (one way) di Jalan Ir. Soekarno hingga Jalan Pattimura Kota Batu jika kemacetan parah terjadi pada Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Jalan tersebut merupakan di jalur utama menuju Kota Batu, sehingga kerap terjadi kemacetan saat libur panjang.

Kapolres Batu Oskar Syamsuddin menjelaskan, sistem satu arah tersebut diberlakukan jika lalulintas sudah tidak bergerak sama sekali alias macet total. Mengingat, Kota Batu merupakan Kota tujuan warga Jawa Timur untuk berlibur pada Nataru. Sehingga kemacetan tidak dapat dihindari.

"Sistem satu arah ini akan diterapkan kalau sudah benar benar macet pada puncak libur Nataru. Akan kita terapkan di waktu jam kemacetan seperti pukul 11.00, Hingga 13.00. Sehingga pada saat itulah kita berlakukan satu arah," katanya, Kamis (21/12/2023).

Saat Sistem satu arah diberlakukan, urai AKBP Oskar, jalan Ir Soekarno hingga jalan Pattimura khusus untuk kendaraan yang akan ke Kota Batu. Sedangkan untuk jalur keluar dari Kota Batu, pengendara bisa melalui Jalur Lingkar Barat di Desa Oro-oro Ombo, atau melewati pertigaan Bendo menuju Jalan Raya Giripurno  tembus Karangploso, Kabupaten Malang.

"Kita lihat situasi ya, pada weekend hari biasa saja sudah macet apalagi libur Nataru yang panjang. Kemarin kita telah lakukan simulasi one way tersebut. Namun, kita tetap kondisional melihat situasi lalulintas nanti," tambahnya.

Selain itu, Tim Urai dari Satlantas Polres Batu juga telah disiapkan untuk mengurai kemacetan di jalan alternatif. Menurut AKBP Oskar salah satu tugas Tim Urai adalah menertibkan kendaraan yang parkir di badan jalan. Supaya tidak memperparah kemacetan.

Selain itu, Dinas Perhubungan Kota Batu juga telah menyiapkan mobil derek untuk membantu kendaraan yang mengalami mogok di tengah jalan.

"Kita sosialisasikan ke masyarakat juga sistem satu arah kita berlakukan dari jam sekian hingga jam sekian. Jadi, apabila masyarakat ingin beraktivitas di hari itu bisa dialihkan pagi atau sore untuk menghindari one way tersebut," ulas Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Polres Batu sistem satu arah lalulintas Nataru 2024