Joan Angelina, Puteri Indonesia Bangka Belitung 2024 Ungkap Filosofi Pakaian Adat yang Dikenakan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

4 Maret 2024 12:04 4 Mar 2024 12:04

Thumbnail Joan Angelina, Puteri Indonesia Bangka Belitung 2024 Ungkap Filosofi Pakaian Adat yang Dikenakan Watermark Ketik
Joan Angelina, Puteri Indonesia Bangka Belitung 2024 (Foto: Wandi Ruswannur/Ketik.co.id)

KETIK, PANGKAL PINANG – Pakaian adat adalah salah satu ciri khas dari setiap daerah di Indonesia. Setiap pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri, sesuai dengan latar belakang budayanya. Tak terkecuali pakaian adat Bangka Belitung.

Adalah Joan Angelina, Puteri Indonesia Bangka Belitung 2024, gadis yang tampil cantik mempesona saat mengenakan pakaian dalam karantina Puteri Indonesia 2024 di Jakarta.

"Pakaian itu terinspirasi dari Kelenteng Dewi Laut atau Kelenteng Shen Mu Miau yang berada di kawasan Pantai Tanjung Bunga, tepatnya di Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang," kata Joan sapaan akrabnya, Senin (04/03/2024).

Dalam penuturannya ia mengatakan, Dewi Tian Shang Sheng Mu dikenal dengan sebutan Ma Zu (妈祖) atau Mak Co (Ibu Agung) yang merupakan Dewi Suci dari langit tertinggi.

"Dewi Ma Zu hidup sederhana dan gemar berbuat kebaikan kepada masyarakat. Ia digambarkan sebagai penolong para perantau, pelaut, dan pelindung bagi masyarakat," ujarnya.

Joan bercerita, ketika melindungi perahu para nelayan yang melaut, Dewi Ma Zu menggunakan gaun merah, membawa lentera, dan berdiri di puncak bukit layaknya mercusuar yang menuntun perahu-perahu untuk kembali ke darat.

"Kehidupan tepi laut menjadikannya pribadi yang tangguh. Karena sangat sering menolong orang banyak, ia juga dijuluki sebagai Lin Shan Ren artinya orang yang sangat baik hatinya," ungkapnya.

Menurutnya, Kelenteng Dewi Laut menjadi salah satu destinasi wisata religi dan sekaligus menjadi destinasi wisata alam di Provinsi Bangka Belitung.

"Lokasi Kelenteng bukan hanya sekadar terletak di tepi laut, namun bangunan Kelenteng menghadap langsung ke arah laut. Tepat di ujung jalan, dapat menyaksikan secara langsung hamparan laut yang sangat luas," imbuhnya.

Dirinya menuturkan, dominasi warna merah yang merupakan warna ikon dari Provinsi Bangka Belitung dan warna pink melambangkan sosok Dewi sebagai wanita yang penuh rasa cinta dan kasih sayang.

"Ribuan kristal yang diaplikasikan pada gaun melambangkan kemakmuran dan kekayaan alam terutama laut di Bangka Belitung," terang Joan menuturkan dengan jelas dan lugas.

Secara khusus Joan mengucapkan terima kasih untuk support dari berbagai pihak dalam mendukung Puteri Indonesia Bangka Belitung 2024 seperti Evening Gown by @hanitiohan, Jewellry by @leciel.design, Makeup photoshoot by @arie_khayz, Makeup Preliminary by @beautyqueenbymr @mustikaratuind.

"Lalu High heels by @rotellishoes_fashion, Catwalk concept by @ipclass @brianabigail, Behind the scene by @indopageants @rizmangumilang, Photographer by @ronnyariojoewono, Art director photoshoot by @nikhonurkholisnew," terangnya. (*)

Tags:

Cantik Joan Angelina Puteri Indonesia Bangka Belitung 2024 Pakaian Adat