Joao Cancelo Segera Merapat, Begini Jejak Pemain Portugal di Barcelona

Jurnalis: Mustopa
Editor: Marno

29 Agustus 2023 07:52 29 Agt 2023 07:52

Thumbnail Joao Cancelo Segera Merapat, Begini Jejak Pemain Portugal di Barcelona Watermark Ketik
Joao Cancelo tengah memegang bola (Foto: instagram @jpcancelo)

KETIK, JAKARTA – Joao Cancelo selangkah lagi akan menjadi bagian dari Barcelona. Bek Manchester City itu akan bergabung dengan Blaugrana dengan status pinjaman selama semusim.

Pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano dalam unggahan di akun twitternya menyebutkan bahwa Barcelona dan Manchester City telah bersepakat untuk merampungkan transfer Joao Cancelo.

”Manchester City dan Barca akhirnya bertukar dokumen sekarang juga untuk menandatangani kesepakatan hari ini,” tulis Fabrizio Romano melalui akun twitternya @FabrizioRomano.

Kehadiran Joao Cancelo akan menambah deretan pemain asal Portugal yang memperkuat tim Catalan tersebut. Sebelumnya sudah ada 10 pemain asal negara itu yang memperkuat Barcelona.

Berikut jejak pemain Portugal dalam skuad Barcelona:

Jorge Mendonca

Jorge Mendonca bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim panas 1967. Ia didatangkan dengan mahar sebesar 84 ribu euro dari Atletico Madrid.

Selama berseragam Barcelona, penyerang berpaspor Portugal ini tampil sebanyak 49 kali selama tiga musim. Dari penampilannya tersebut, Jorge Mendonca mampu mencetak 16 gol.

Luis Figo

Luis Figo merupakan legenda Portugal yang pernah bermain untuk Barcelona. Penyerang kelahiran Almada ini merapat ke Barcelona dari Sporting Lisbon pada bursa transfer musim panas 1995.

Namun, lima tahun kemudian, dia memilih untuk hijrah ke klub rival, Real Madrid. Luis Figo pensiun dari dunia sebagai pemain sepak bola pada tahun 2009 saat berstatus sebagai pemain Inter Milan.

Vitor Baia

Vitor Baia merupakan penjaga gawang yang didatangkan Barcelona dari FC Porto pada bursa transfer 1996. Dana sebesar 6,5 juta euro dikeluarkan untuk memboyongnya ke Camp Nou.

Namun, kerjasama Vitor Baia dengan Barcelona hanya berlangsung tiga tahun. Dia kembali ke Porto pada bursa transfer musim dingin 1999 dengan status free transfer.

Fernando Couto 

Pemain Portugal lainnya yang bergabung dengan Barcelona adalah Fernando Couto. Namun, sebelum hijrah ke Spanyol, ia lebih dulu mencoba peruntungan di Italia bersama Parma.

Fernando Couto resmi merapat ke Barcelona pada bursa transfer musim panas 1996. Dia didatangkan dengan mahar sebesar 5,5 juta euro.

Simao

Pemain bernama lengkap Simão Pedro Fonseca Sabrosa merupakan winger kelahiran Vila Real, Portugal. Ia adalah jebolan akademi Sporting Lisbon dan telah bergabung sejak usia 15 tahun.

Simao bergabung ke Barcelona pada tahun 1999. Selama berseragam Blaugrana, ia tampil 70 kali dan membukukan 4 gol dan 8 assist.

Ricardo Quaresma

Selanjutnya adalah Ricardo Quaresma yang bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2003. Jebolan akademi FC Porto tersebut direkrut dengan mahar sebesar 6,35 juta euro.

Namun, penyerang kelahiran Lisboa, Portugal ini hanya semusim membela Barcelona. Ia hanya dimainkan 28 kali dengan hanya menyumbang 1 gol dan 2 assist.

Deco

Anderson Luís de Souza alias Deco merupakan gelandang berpaspor Portugal yang bergabung dengan Barcelona pada tahun 2004. Dia menjadi bagian dari Blaugrana setelah ditebus senilai 21 juta euro dari FC Porto.

Selama 4 musim berada di Camp Nou, ia cukup diandalkan di lini tengah. Deco mencatatkan 161 penampilan dengan 20 gol dan 45 assist.

Andre Gomes

Nama Andre Gomes juga sempat menghiasi skuad Barcelona. Dia direkrut dari Valencia pada bursa transfer musim panas 2016 dengan mahar sebesar 37 juta euro.

Namun, setelah dua musim di Barcelona, Andre Gomes dipinjamkan ke klub Inggris, Everton. Pada bursa transfer musim panas 2019, ia kemudian dipermanenkan Everton dengan mahar 25 juta euro.

Nelson Semedo

Nelson Semedo saat ini bermain untuk Wolverhampton Wanderes. Sebelumnya, ia menjadi bagian dari Barcelona sejak bursa transfer musim panas 2017 hingga 2020.

Pemain kelahiran Lisboa Portugal ini selalu menjadi andalan Barcelona di sektor bek sayap. Namun, belakangan ia dilepas ke klub Inggris tersebut dengan mahar 32 juta euro. 

Trincao

Francisco António Machado Mota de Castro Trincão baru meninggalkan Barcelona pada bursa transfer musim panas 2023. Dia bergabung dengan Blaugrana pada tahun 2020.

Trincao tak banyak mendapat kesempatan bermain di Barcelona.Pemain Timnas Portugal itu hanya bermain 42 kali karena lebih banyak dipinjamkan seperti ke Wolverhampton Wanderes dan FC Porto.(*)

Tombol Google News

Tags:

Joao Cancelo Manchester City Barcelona