Jokowi Ingatkan Pentingnya Dukungan Program untuk Presiden Terpilih

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

13 September 2024 14:13 13 Sep 2024 14:13

Thumbnail Jokowi Ingatkan Pentingnya Dukungan Program untuk Presiden Terpilih Watermark Ketik
Presiden Joko Widodo saat memimpin Sidang Kabinet di IKN. (Foto: Humas Setkab)

KETIK, KUTAI KARTANEGARA – Presiden Joko Widodo memimpin sidang terakhir Kabinet Indonesia Maju di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat 13 September 2024.

Jokowi mengatakan, pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto, memerlukan dukungan penuh dari kabinet yang ada saat ini untuk memastikan kelancaran transisi.

Jokowi menegaskan pentingnya penyelesaian program kerja yang sedang berjalan serta memastikan administrasi dan pertanggungjawaban dituntaskan sebelum akhir masa jabatan.

"Segera tuntaskan di bulan terakhir ini program kerja utama yang sudah dimulai, baik yang berkaitan dengan serapan, yang berkaitan dengan administrasi, pertanggungjawaban, serta kendala kendala yang belum terselesaikan," katanya dikutip dari Sekretariat Presiden.

Jokowi juga menekankan pentingnya dukungan penuh terhadap program-program presiden terpilih.

Hal ini memastikan transisi pemerintahan berjalan efektif, termasuk penyusunan regulasi dan kebijakan baru yang diperlukan agar pemerintahan baru dapat segera bekerja secara optimal setelah dilantik.

"Kita semuanya harus mendukung penuh program presiden terpilih, pastikan transisi pemerintahan berjalan efektif. Jika diperlukan regulasi baru, jika diperlukan perumusan-perumusan kebijakan yang harus segera dibuatkan, segera dibuat dan segera diselesaikan,” imbuhnya.

Selain itu, Jokowi mengimbau agar stabilitas ekonomi dan sosial tetap dijaga dalam masa transisi ini.

"Kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh, kita butuh stabilitas untuk melakukan pembangunan, sehingga pastikan jangan sampai ada riak-riak gejolak sampai pemerintahan berikutnya terbentuk," tegasnya.

Selain itu, Jokowi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh anggota kabinet atas segala kekurangan selama sepuluh tahun kepemimpinannya.

"Jika dalam sepuluh tahun ini ada hal-hal yang dirasa kurang berkenan dalam berinteraksi, dan ada hal yang kurang maksimal, sekali lagi saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya.,” ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sidang kabinet Sidang Kabinet Paripurna IKN Ibu Kota Nusantara Jokowi presiden terpilih