Jumlah Pemilih Pemula Pilkada Bondowoso Capai 1.900an, Dispendukcapil Jemput Bola Perekaman E-KTP

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: M. Rifat

19 September 2024 07:33 19 Sep 2024 07:33

Thumbnail Jumlah Pemilih Pemula Pilkada Bondowoso Capai 1.900an, Dispendukcapil Jemput Bola Perekaman E-KTP Watermark Ketik
Ketua Komisioner KPU Bondowoso, Sudaedi saat menyerahkan berita acara pada salah satu peserta rekapitulasi penetapan DPT di Aula Ijen View Hotel, 18 September 2024. (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024 setempat, sebanyak 601.133 pemilih.

Jumlah tersebut secara terperinci terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 290.862 dan pemilih perempuan ada 310.271 pemilih.

Jumlah DPT ini sudah termasuk pemilih pemula yang baru akan berusia 17 tahun pada November 2024 mendatang. 

Dikonfirmasi awak media seusai penetapan DPT di Aula Hotel Ijen View, Rabu malam 18 September 2024, Komisioner KPU, Moh. Andri Yulianto menyebut untuk perekaman e-KTP dari para pemilih pemula pihaknya telah meminta Dispendukcapil setempat untuk memfasilitasi.

“Agar mempermudah teman-teman pemilih gen Z itu,” katanya.

Sementara itu di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Bondowoso, Agung Trihandono, menjelaskan, angka terakhir untuk pemilih pemula mencapai 1.900an.

Jika ditotal dengan sejumlah pemilih yang sudah berusia lanjut (manula) dan belum melakukan perekaman e-KTP maka angkanya mencapai 2.300an.

Khusus untuk pemilih manula ini, pihaknya akan jemput bola walaupun lokasinya mayoritas berada di kawasan terpencil.

“Makanya kami ini ngejar terus (perekaman e-KTP, red),” jelas Agung. 

Ia menjabarkan, kendati DPT telah ditetapkan pihaknya akan terus mengejar perekaman hingga 26 November 2024 atau h-1 pencoblosan.

Hingga saat ini, Dispendukcapil telah melakukan perekaman pada 2.300an orang itu sampai 99,4 persen.

“Kalau saya 99,4 persen berarti kan kurang setengah persen. Setengah persen itu kan setengah dari satu persen, berarti angkanya kan 3 ribuan. Tapi insyAllah tak sampai 3 ribuan,” tegasnya. 

Disinggung tentang jika hari terakhir masih belum perekaman, kata Agung, pihaknya pada 24 September 2024 akan ada rapat di Provinsi. Di situ akan ada pembahasan hal tersebut, untuk mencari alternatif. 

“Nanti otomatis akan ada apa itu, ada exit atau alternatif ketika nanti sampai malam 27 belum ada perekaman,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bondowoso Pilkada bondowoso dpt pilkada bondowoso Pemilih pemula dispendukcapil bondowoso pilkada