Kado Hari Jadi Kota Pahlawan ke-731, SPJ dan Indah Kurnia Gelar Surabaya Jazz Week

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

30 Mei 2024 05:55 30 Mei 2024 05:55

Thumbnail Kado Hari Jadi Kota Pahlawan ke-731, SPJ dan Indah Kurnia Gelar Surabaya Jazz Week Watermark Ketik
Aksi dari band jazz Hibeats memukau pengunjung Mall Ciputra Wolrd Surabaya, Kamis (30/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 membuat komunitas Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ) menggelar Jazz Week Festival.

Komunitas musisi jazz yang digawangi oleh Indah Kurnia mempersembahkan kado istimewa berupa Surabaya Jazz Week.

Mengusung jargon Jazz'no Suroboyo, mulai 27 Mei hingga 2 Juni 2024, para musisi jazz beken menyumbangkan suara emasnya di berbagai tempat di Surabaya.

Gelaran acara Jazz Week Festival ini didukung penuh oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). LPS juga mengirimkan Kepala Kantor Perwakilan Surabaya, Bambang S Hidayat untuk datang dan turut menyaksikan gelaran musik Jazz tersebut.

"Mari ramai-ramai tonton Surabaya Jazz Week agar para musisi jazz yang tampil tambah semangat," ajak Ketua Surabaya Pahlawan Jazz, Indah Kurnia, Kamis (30/5/2024).

Indah Kurnia mengungkapkan bahwa SPJ yang juga bagian dari Surabaya Entertainers Club (SEC) lahir pada masa sulit ketika wabah pandemi Covid-19 melanda tanah air.

Foto Komunitas SPJ dan Indah Kurnia (kanan) terlihat menikmati alunan musik jazz, Kamis (30/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Komunitas SPJ dan Indah Kurnia (kanan) terlihat menikmati alunan musik jazz, Kamis (30/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Kala itu hampir semua sektor terdampak, termasuk dunia hiburan dan seni pertunjukkan. Semua sub sektor ekonomi kreatif tersebut hancur lebur, termasuk para pelakunya yang merasa shock atas peristiwa tersebut.

"Pada masa sulit itu kami berkumpul menyatukan diri, yang paling gampang adalah yang punya selera dan hobi yang sama yaitu bermain musik jazz," ungkapnya.

Indah bilang, Surabaya Jazz Week bisa dinikmati oleh semua pecinta musik. Karena meskipun para musisi yang tampil adalah musisi jazz, namun mereka tidak melulu menyajikan jazz mainstream. Banyak yang membawakan lagu-lagu fusion jazz yang di dalamnya sudah dicampur rock dan funk.

Ia berharap, gelaran Surabaya Jazz Week yang dipersembahkan oleh Surabaya Pahlawan Jazz (SPJ) dan Surabaya Entertainers Club (SEC) tersebut mampu mendongkrak ekonomi kreatif di kota Surabaya.

Indah pun bersyukur, event ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Perwakilan mitra kerjanya di Komisi XI DPR RI seperti Bank Indonesia (BI), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan sejumlah perbankan ikut hadir mesukseskan Surabaya Jazz Week. (*)

Tags:

Jazz Surabaya Surabaya Pahlawan Jazz Indah Kurnia DPR RI Hari Jadi Kota Surabaya HJKS ke 731