Kalaksa BPBD Jatim Pimpin Pembasahan Savana Bukit Teletubbies

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Mustopa

12 September 2023 10:05 12 Sep 2023 10:05

Thumbnail Kalaksa BPBD Jatim Pimpin Pembasahan Savana Bukit Teletubbies Watermark Ketik
Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto ikut melakukan pembasahan (Foto: Dok BPBD Jatim)

KETIK, PROBOLINGGO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD provinsi Jawa Timur melakukan pembasahan savana Bukit Teletubbies di kawasan Gunung Bromo yang terbakar. Pembasahan dilakukan setelah operasi water bombing.

Tujuan pembasahan savana Bukit Teletubbies Gunung Bromo untuk memastikan api benar-benar padam. Mengingat, operasi water bombing hanya menjangkau permukaan savana yang terbakar.

Ada beberapa titik di kawasan Gunung Bromo yang dilakukan pembasahan. Seperti di area Krajan, Gedong, Kecamatan Sukapura. Serta Bukit Plentong dan Jemplang Watugede Kabupaten Malang.

Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto memimpin langsung pembahasan savana Gunung Bromo. Ia bahkan turut menyemprot titik-titik yang ditengarai masih tersimpan bara api.

"Sebagaimana arahan ibu gubernur, kita ingin memastikan bahwa api dan asap di Gunung Bromo ini benar-benar padam," katanya, Selasa (12/9/2023).

Namun, BPBD Jatim tidak sendiri dari dalam melakukan pembasahan area savana Gunung Bromo. Mereka dibantu tim dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta BPBD Kabupaten Probolinggo dan Malang.

Personel TNI dan Polri serta masyarakat peduli api juga turut membantu proses pembahasan. Termasuk tim pengendali kebakaran hutan dan lahan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto Savana Bukit Teletubbies