Kapolres Batu Tekankan Anggota untuk Netral dan Jaga Nama Institusi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

4 Oktober 2024 15:55 4 Okt 2024 15:55

Thumbnail Kapolres Batu Tekankan Anggota untuk Netral dan Jaga Nama Institusi Watermark Ketik
Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata menekankan kepada anggota untuk netral dan tidak terlibat politik praktis dalam Pilkada Kota Batu 2024.

Menurutnya, hal itu untuk menciptakan demokrasi yang sehat dan berkualitas. Terlebih lagi sudah tertuang dalam peraturan perundang-undangan, termasuk ditekankan oleh Kapolri.

"Netralitas anggota Polri akan menjadi tolak ukur kinerja Polres Batu dalam Pilkada 2024. Profesionalitas dan netralitas adalah harga mati dalam pengamanan Pilkada," katanya, Jumat 4 Oktober 2024.

Selain itu, Kapolres Batu juga menyampaikan beberapa larangan yang harus dihindari oleh anggota Polri selama tahapan pemilu.

Termasuk larangan berpose foto dengan kode jari tertentu. Begitu juga memberikan dukungan pada calon Wali Kota, Wakil Walikota, Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Dilarang untuk memanfaatkan fasilitas dinas atau pribadi untuk kepentingan politik praktis. Mengingat gelaran demokrasi yang berkualitas merupakan pintu awal mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Ia menekankan, tidak ada anggota khusunya di Polres Batu yang terlibat mendukung atau memihak salah satu calon, tugasnya hanya pengamanan dan pengawalan setiap tahapan Pilkada agar berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

"Yang penting dan perlu diingat meskipun ada keluarga dari anggota Polri yang maju dalam Pilkada, tidak diperbolehkan anggota mengikuti pertemuan politik apalagi sampai menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye," tegasnya.

Sebagai orang nomor satu di Polres Batu, dirinya juga menekankan semua anggota internal Polres Batu agar tidak mencoba bermain-main dalam Pilkada ini, terlebih jika ada temuan pelanggaran pilkada terhadap anggota.

"Penekanan netralitas ini khusus anggota internal Polres Batu, jika ada yang mengetahui laporan dengan bukti digital atau bukti pendukung biar bisa langsung kami tangani tanpa pandang bulu," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Polres Batu Kapolres Batu Netralitas Pilkada 2024