Katarak, Apakah Bisa Sembuh Tanpa Operasi ?

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

6 Januari 2023 16:07 6 Jan 2023 16:07

Thumbnail Katarak, Apakah Bisa Sembuh Tanpa Operasi ? Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

KETIK, SURABAYA – Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang sering diderita terutama bagi orang yang lanjut usia. Penyakit katarak dapat membuat penglihatan seseorang menjadi buram, ini terjadi karena terdapat area berawan atau berkabut di lensa mata.

Karenanya, seseorang yang menderita katarak tidak dapat beraktivitas dengan lancar karena penglihatan yang minim.

Resiko katarak sendiri bisa meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Selain usia, terdapat beberapa kondisi yang membuat seseorang dapat terserang katarak, antara lain:

• Mengalami masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes.

• Merokok.

• Mengonsumsi minuman beralkohol.

• Memiliki riwayat keluarga yang mengalami katarak.

• Pernah mengalami cedera mata, menjalani operasi mata, atau melakukan terapi radiasi pada tubuh bagian atas.

• Menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari.

Katarak sendiri disebabkan oleh perubahan normal yang terjadi pada mata saat bertambahnya usia. Menurut National Eye Institute, sekitar usia 40 tahun, protein yang ada di lensa mata mulai mengalami kerusakan dan bergumpal. Gumpalan tersebut menimbulkan area keruh di sekitar lensa mata yang dikenal dengan katarak.

Cara menyembuhkan katarak sendiri adalah dengan operasi. Operasi dilakukan untuk mengangkat gumpalan keruh yang ada di mata. Namun operasi sendiri tidak harus dilakukan secara terburu buru.

Apabila gejala dirasa tidak mengganggu, maka kacamata dapat digunakan untuk membantu memperjelas penglihatan. Kacamata atau lensa kontak dapat membantu melihat dengan lebih jelas ketika katarak masih awal.

Saat operasi, lensa mata yang keruh akan digantikan dengan lensa mata buatan baru. Operasi katarak merupakan tindakan yang aman, dan 9 dari 10 orang yang menjalani operasi dapat melihat dengan lebih baik. (*)

Tags:

Mata Katarak Operasi Lensa
04. Home Sidebar 1
05. Home Sidebar 2
04. Home Sidebar 1