Kebakaran Hebat Hanguskan Sebuah Mobil dan Toko Bangunan di Sidoarjo

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Muhammad Faizin

20 Desember 2023 13:10 20 Des 2023 13:10

Thumbnail Kebakaran Hebat Hanguskan Sebuah Mobil dan Toko Bangunan di Sidoarjo Watermark Ketik
Bangkai mobil Isuzu Panther yang terbakar di lokasi kejadian. (Foto:Yudha/ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Kebakaran hebat kembali terjadi di Sidoarjo. Sedikitnya satu unit mobil isuzu Panther dan sebuah bangunan toko kayu dilalap si jago merah di Jalan Sarirogo, Desa Sarirogo, Rabu (20/12).

Dari data lapangan, toko yang terbakar ini digunakan sebagai penyimpanan berbagai macam produk kayu Kalimantan. Saking besarnya api, pemadaman berlangsung hingga 2 jam.

"Tiba-tiba api membesar dari tumpukan kayu tersebut," ujar pemilik toko, Gatot saat ditemui di lokasi.

Lebih lanjut Gatot menjelaskan jika saat awal kebakaran terjadi, dirinya sedang berada di lokasi kejadian. Ia sempat kaget saat api terlihat tiba-tiba membesar dan asap membumbung tinggi.

Tak tinggal diam, sebelum petugas pemadam kebakaran tiba, karyawan toko dibantu warga sekitar sempat berupaya memadamkan si jago merah dengan alat seadanya. Namun sayangnya api dengan cepat merembet.

Dugaan sementara, kebakaran dipicu oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan. Menurut Gatot, dugaan ini diperkuat dengan adanya kejadian sebelum kebakaran terjadi. Ia mengingat adanya 4 orang pembeli yang datang, yang kemudian selepas mereka pergi, kebakaran terjadi.

"Empat orang itu semua membawa rokok. Diduga putung rokok dibuang didekat mobil yang terparkir," jelasnya.

Foto Petugas lakukan pembayaran di lokasi kebakaran. (Foto:Yudha/ketik.co.id)Petugas lakukan pembayaran di lokasi kebakaran. (Foto:Yudha/ketik.co.id)

Malangnya, mobil Isuzu Panther yang terparkir tersebut bukan miliknya secara pribadi, melainkan milik tetangganya yang tengah diparkiran di toko. Yang mana api pertama kali muncul di dekat mobil tersebut.

Danru Damkar Pos Buduran Ilham Jagat, menjelaskan, pihaknya menerima informasi sekira pukul 13.00 WIB. Ia bersama tim segera meluncur ke lokasi kejadian.

Beruntung api yang terlihat membesar tak sampai membakar seluruh bangunan toko. Api hanya membakar bagian sebelah kiri tumpukan kayu dan triplek.

Ilham mengatakan, dua unit Pos Buduran, satu unit Pos Kota, dan satu unit Pos Candi dikerahkan, dengan total empat mobil Damkar yang ada di Sidoarjo.

"Yang terbakar toko kayu," ujarnya.

Menurutnya, saat kebakaran terjadi, seluruh pegawai ada di lokasi kejadian. Dari informasi yang didapatkan, ada salah satu pegawai bernama Jono terkena luka bakar di lengan tangan kanan.

"Karena masih ada titik-titik api yang menyala, kita melanjutkan dengan pembasahan," tandasnya. (*)

Tags:

sidoarjo kebakaran mobil Toko Kayu DAMKAR Pemadam Kebakaran Jago merah