Kebun Binatang Surabaya Rayakan Ultah Pertama 2 Singa Afrika, Dapat Hadiah Kue Daging

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

20 April 2024 05:45 20 Apr 2024 05:45

Thumbnail Kebun Binatang Surabaya Rayakan Ultah Pertama 2 Singa Afrika, Dapat Hadiah Kue Daging Watermark Ketik
Seorang keeper Singa Afrika sedang berinteraksi dengan Bima, Sabtu (20/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kebun Binatang Surabaya (KBS) merayakan ulang tahun pertama singa Afrika Dona dan Bima hasil breeding dari indukan Ipin dan Seruni.

Sebagai hadiah Ultah oleh Keeper, kedua hewan buas dari Afrika ini diberi daging yang dimasukkan ke dalam wadah bambu serta di dalam buah dagang.

"Ini perayaan ulang tahun pertama dari Bima dan Dona hasil breeding dari KBS yang memang pertama kali untuk hewan Singa Afrika," ucap Direktur KBS Khoirul Anwar, Sabtu (20/4/2024).

Dalam perayaan ulang tahun ini, kedua singa Afrika tersebut diberi daging segar dan kondisi bagus. "Komposisinya mencapai 2 sampai 3 kali lipat," bebernya.

Khoirul menjelaskan, kedua hewan singa ini memiliki karakter yang aktif sejak kecil. "Saya masih ingat singa ini saat masih 2 atau 3 bulanan saya sempat gendong tapi memang sudah aktif," bebernya.

Foto Keeper Singa Afrika ini memberikan daging segar sebagai hadiah ulang tahun Bima dan Dona, Sabtu (20/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Keeper Singa Afrika memberikan daging segar sebagai hadiah ulang tahun Bima dan Dona, Sabtu (20/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Khoirul menambahkan, dengan adanya Bima dan Dona, maka KBS memiliki 6 ekor singa Afrika. "3 jantan dan 3 betina yang memang nantinya bisa dilakukan breeding lagi," ucapnya.

Dengan hasil breeding ini, Khoirul mengaku 3 sampai 4 bulan sudah bisa digabungkan lagi. "Jadi bisa dibreeding lagi," ucapnya.

Sementara itu, Keeper Singa Afrika KBS Sumartono menjelaskan sampai saat ini pendekatan yang dilakulan keeper dengam cara langsung. "Namun kami harus memberikan treatment agar jiwa buasnya tetap ada jadi adanya kandang peraga yang disesuaikan dengan habitatnya," bebernya.

Saat ini kedua singa ini masih dijadikan satu kandang, namun Sumartono yakin jika berusia 2,5 tahun akan dipisahkan. "Karena itu masa musim kawin harus kami pisahkan agar tidak ada perkawinan sedarah," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

KBS Kebun Binatang Surabaya Bima dan Dona Singa Afrika KBS
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1