Kembali Terpilih Jadi Ketua Kadin, Endro Siap Tingkatkan Sinergitas dengan Pemerintah

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

29 Juli 2024 10:47 29 Jul 2024 10:47

Thumbnail Kembali Terpilih Jadi Ketua Kadin, Endro Siap Tingkatkan Sinergitas dengan Pemerintah Watermark Ketik
Endro Wahyu Wijoyono (Kanan) dilantik jadi Ketua Kadin Kota Batu periode 2024-2029, Senin (29/7/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Endro Wahyu Wijoyono terpilih kembali menjadi Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Batu periode 2024-2029. Pelantikan Ketua Kadin tersebut dirangkai dalam Musyawarah kota (Muskota) Kadin Kota Batu di sebuah hotel Kota Batu, Senin (29/7/2024).

Usai dilantik, Endro menegaskan akan meningkatkan sinergitas antara pengusaha dengan pemerintah Kota Batu. Saat ini, sinergitas itu telah berjalan dengan baik.

"Muskota Kadin ini bertujuan untuk bersinergisitas dengan Pemerintah Kota Batu. Terkait permasalahan UMKM, pertanian serta perhotelan," kata Endro.

Menurutnya, UMKM di Kota Batu seharusnya terserap di perhotelan dan restoran. Seperti buah-buahan dan sayuran yang melimpah di Kota Batu, bisa diakomodir untuk kebutuhan hotel dan restoran.

Kota Batu sebagai Kota Wisata, dikatakannya, membutuhkan banyak bahan pangan tersebut. "Nah, ketika UMKM kita berjalan maka terwujud Desa Berdaya, Kota Berjaya," lanjutnya.

Endro menyebutkan, selama ini pelaku wisata belum bisa mengakomodasi semua produk UMKM karena ada beberapa kendala. Oleh karena itu, melalui Muskota itu, Kadin berkolaborasi dengan para pengusaha untuk membangun Kota Batu. .

"Salah satunya apel yang selama ini menjadi maskot buah di Kota Batu. Meski sudah diolah menjadi kripik apel, maupun sari apel," urainya.

Endro berharap, Pemerintah Kota Batu memberikan peluang yang lebih besar ke UMKM. Salah satunya perizinan untuk pemberdayaan UMKM. Termasuk membudidayakan apel supaya tidak punah. 

"Sehingga, dari hasil pengelolaan dengan berbagai jenis seperti keripik juga minuman bisa dinikmati di perhotelan dan restoran," tegas Endro.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Kadin Kota Batu Muskota Kadin Kota Batu sinergitas Pemkot Batu