Kembangkan Wisata Berbasis Hutan, Pemkot Batu Gelar Batu Bisnis Festival

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

28 Mei 2024 17:31 28 Mei 2024 17:31

Thumbnail Kembangkan Wisata Berbasis Hutan, Pemkot Batu Gelar Batu Bisnis Festival Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai meninjau stand Batu Bisnis Festival di Balai Kota Among Tani Kota Batu Jawa Timur, Selasa (28/5/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata menggelar Batu Bisnis Festival 2024. Ajang yang bertujuan untuk mengembangkan bisni sektor wisat tersebut digelar di Balai Kota Among Tani Kota Batu, Selasa (28/5/2024).

Event ini digelar mulai tanggal 28 Mei 2024 hingga 1 Juni 2024 memiliki fokus utama pengembangan wisata berbasis hutan. Pj Wali Kota Batu menyampaikan bahwa salah satu fokus utama dalam Batu Bisnis Festival adalah pengembangan wisata berbasis hutan.

Kota Batu memiliki banyak kawasan hutan yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata. Seperti Payung Reborn dan Sunrise Spot di Dusun Brau yang bisa dikelola menjadi destinasi wisata baru.

Oleh karena itu, dalam momen ini sekaligus dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dalam pengembangan destinasi wisata antara Dinas Pariwisata Kota Batu dengan Perum Perhutani KPH Malang.

 “Perhutani sudah membuka pintu sebesar-besarnya untuk berinvestasi di kawasan hutan. Bayangkan jika kita kelola dengan baik, kawasan ini akan menjadi destinasi wisata baru,” ujar Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Aries menyebutkan, pada tahun 2023, Kota Batu telah mencatatkan 10 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Karena itu pada tahun 2024 ini, Pemkot Batu menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisata menjadi 11 juta wisatawan atau lebih.

Selain itu, Pemkot Batu juga berkomitmen untuk meningkatkan investasi di sektor pariwisata dan hortikultura sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 “Hari ini, kami memberikan penghargaan kepada investor di Kota Batu. Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan investasi pariwisata dan hortikultura,” jelasnya. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Sidiq menambahkan,Batu Bisnis Festival 2024 berisi pameran produk kreatif dan UMKM Kemenkop dan UKM RI.

Juga ada pameran produk unggulan nusantara, bisnis, investasi pariwisata, ekonomi kreatif, industri, perdagangan, olahraga, pelayanan publik, perguruan tinggi, start up, pertanian dan kesehatan.

“Kita harus terus mengeksplor potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang mendukung dan mendorong pengembangan pariwisata di Kota Batu,” tambahnya.

Selain itu juga dimeriahkan dengan forum investasi, bisnis dan wisata nusantara, festival kuliner, festival olahraga wisata Kota Batu, gelar seni dan budaya. Serta dimeriahkan dengan performance music dan tari, lomba bisnis dan pariwisata SMKN, lomba kreasi video IG, lomba mewarnai, dan pemberian penghargaan bagi stan terbaik.

"Tujuan acara ini adalah meningkatkan minat terhadap produk lokal, membantu pengusaha mempromosikan pasar, dan mendorong pertumbuhan ekonomi," tuturnya. (*)

 

 

Tags:

Kota Batu Batu Bisnis Festival wisata Balai Kota Among Tani