Keras, Dindik Pacitan Larang Perpeloncoan pada Siswa Baru

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

10 Juli 2024 19:13 10 Jul 2024 19:13

Thumbnail Keras, Dindik Pacitan Larang Perpeloncoan pada Siswa Baru Watermark Ketik
Kantor Dinas Pendidikan Pacitan. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Sebanyak 70 SMP Negeri dan Swasta di Pacitan bersiap menyambut siswa baru melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-17 Juli 2024.

Dinas Pendidikan (Dindik) setempat melarang keras adanya praktik perpeloncoan serta bullying selama acara MPLS berlangsung.

Plt Kepala Bidang SMP Dindik Pacitan, Fandi Normansyah, menegaskan bahwa MPLS harus menjadi momen positif bagi siswa baru.

"Kami minta diwarnai dengan kegiatan yang menyenangkan, edukatif, serta menanamkan karakter positif. Sembari menyampaikan konsep utama yakni mengenalkan sekolah, budaya dan lingkungan sekolah," papar Fandi, kepada Ketik.co.id, Rabu (10/7/2024).

Menurut Fandi, apabila pelaksanaannya akan menggunakan kreatifitas, pihaknya meminta hal tersebut dilakukan secara hati-hati.

"Yang penting kalau ada hal-hal yang nyeleneh tetapi tetap dalam koridor positif kreatif dan tidak memberatkan peserta didik baru ya monggo. Tapi jika bersifat yang mengada-ada, nah itu yang tidak diperkenankan," terang Fandi.

Tak lupa, penanaman karakter Pancasila dan inklusivitas juga menjadi fokus utama. Ini bertujuan untuk membentuk karakter dan religiusitas serta menghindari bullying antar siswa.

"Sesuai dengan arahan kementerian adalah untuk menekankan dengan menuju ke profil pelajar pancasila jadi penanaman-penanaman Pancasila itu lebih diberatkan diselipkan di kegiatan MPLS," terang Fandi.

Sekolah juga didorong untuk menggali harapan siswa baru guna memantik kedewasaan berpikir.

"Satu lagi kami mencoba untuk memberikan penekanan ke lembaga dalam rangka menggali harapannya siswa kedepan. Contoh, dengan saya di sekolah SMP A saya memiliki harapan ingin menjadi dokter atau lainnya, misalnya seperti itu. Jadi itu nanti dituangkan dalam kegiatan MPLS," tandas Fandi. (*) 

Tombol Google News

Tags:

pacitan MPLS di Pacitan perpeloncoan Bullying Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah