Ketua Fraksi PKB DPR RI: HUT ke-78 RI, Indonesia Masuk ke Upper Middle Country

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

20 Agustus 2023 14:39 20 Agt 2023 14:39

Thumbnail Ketua Fraksi PKB DPR RI: HUT ke-78 RI, Indonesia Masuk ke Upper Middle Country Watermark Ketik
Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menyerahkan doorprize umroh kepada salah satu peserta sepeda santai, di Kec Solokanjeruk Kab Bandung, Minggu (20/8/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Ribuan peserta mengikuti sepeda santai Kang Haji Cucun dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di lingkungan Ponpes Sa'adatuddaroin Kec Solokanjeruk Kab Bandung, Minggu (20/8/2023).

Sepeda santai yang digelar Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal ini diikuti berbagai komunitas gowe yang ada di wilayah timur Kabupaten Bandung khususnya. Peserta sangat antusias mengikuti karena sepeda santai ini diisi dengan doorprize berbagai hadiah, dengan granprize berupa umroh. Lebih dari itu secara spontan di sela acara Kang Haji Cucun bersama istri pun memberikan santunan kepada anak yatim dan jompo.

Cucun menjelaskan kegatan rutin tahunan ini dalam rangka tasyakur bini'mah HUT Kemerdekaan RI ke-78. Selain mengajak warga berolahraga, menurutnya di usia RI ke-78 ini patut disyukuri karena Indonesia sudah masuk ke dalam negara yang berpenghasilan menengah atas (upper middle income country) berdasar Bank Dunia.

Padahal sebelumnya Bank Dunia sempat menurunkan level Indonesia ke negara berpenghasilan menengah ke bawah karena pandemi covid-19.

"Nah, taraf ekonomi upper middle income ini merupakan capaian yang luar biasa oleh seluruh stakeholder kita, khususnya dari tiga poros kekuasaan negara baik eksekutif, legislatif maupun yudikatif," kata Cucun kepada wartawan.

Foto Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal meleps peserta sepeda santai, di Kec Solokanjeruk Kab Bandung, Minggu (20/8/23).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal meleps peserta sepeda santai, di Kec Solokanjeruk Kab Bandung, Minggu (20/8/23).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Sementara negara-negara lainnya sedang collaps pasca pandemi Covid-19, ditambah dengan kondisi geopolitik yang mengganggu stabilitas ekonomi dan keamanan. 

"Kondisi ekonomi kita lagi bagus, di Asean kita sudah menjadi leader dalam ekonomi. Dibanding negara-negara lain di dunia, kita lagi bertahan menghadapi krisis ekonomi. Jangan sampai terganggu oleh pemilu," tandas Cucun.

Anggota Komisi III DPR RI ini meminta menghadapi tahun politik 2024, semua bisa menghadapi dengan demokrasi yang sehat. "Hadapi saja pemilu dengan riang gembira, jangan ada gontok-gontokan, terjadi polarisasi. Kita berharap pemilu sukses lancar dan ekonomi kembali stabil, karena di tahun politik biasanya investor itu wait and see dulu, menunggu bagaimana hasil dari pemilu," pesannya.(*)

Tags:

DPR RI FRAKSI PKB DPR RI KETUA FRAKSI PKB DPR RI CUCUN AHMAD SYAMSURIJAL HUT RI