Kisah Amran Sulaiman, Pencipta Racun Tikus yang Kembali Duduki Kursi Menteri Pertanian

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

22 Oktober 2024 15:30 22 Okt 2024 15:30

Thumbnail Kisah Amran Sulaiman, Pencipta Racun Tikus yang Kembali Duduki Kursi Menteri Pertanian Watermark Ketik
Potret Amran Sulaiman. (Foto: Instagram @a.amran_sulaiman)

KETIK, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto menunjuk kembali Menteri Pertanian dari Kabinet Joko Widodo yaitu Andi Amran Sulaiman, untuk menjadi bagian dari Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Amran pernah menduduki Menteri Pertanian di periode pertama Jokowi di tahun 2014-2019. Namun di periode kedua, Ia diganti dengan Syahrul Yasin Limpo.

Selanjutnya, Amran kembali dilantik setelah Syahrul Yasin Limpo mundur dari posisi Mentan usai terjerat kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Salah satu inovasi dari Amran Sulaiman yang terkenal adalah produk racun tikus yang dinamai Tiran (Tikus Diracun Amran), yang mempopulerkan namanya di kalangan petani.


Profil Amran Sulaiman

Andi Amran Sulaiman adalah seorang pengusaha dan tokoh politik Indonesia yang saat ini menjabat kembali sebagai Menteri Pertanian di kabinet Presiden Joko Widodo, setelah sebelumnya memegang jabatan yang sama dari 2014 hingga 2019.

Amran Sulaiman merupakan lulusan dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar. Ia meraih gelar Sarjana Pertanian pada tahun 1993, kemudian melanjutkan pendidikan Magister Ilmu Pertanian pada 2002-2003, dan menyelesaikan program Doktor di bidang yang sama pada 2012, semuanya di Unhas.

Amran memulai kariernya di PT Perkebunan Nusantara XIV sebagai kepala operasi lapangan pabrik gula, sebelum beralih ke sektor bisnis dengan mendirikan PT Tiran Indonesia, yang bergerak di berbagai bidang termasuk pertanian, tambang, dan perkebunan.

Selama masa jabatannya sebagai Menteri Pertanian, ia fokus pada program swasembada pangan untuk komoditas utama seperti beras, jagung, kedelai, dan gula. Ia juga dikenal karena pengembangan infrastruktur pertanian, terutama di bidang irigasi, serta hubungan dekatnya dengan sejumlah pengusaha nasional.

Tombol Google News

Tags:

Amran Sulaiman profil Amran Sulaiman Menteri Pertanian pencipta racun tikus Kabinet Merah Putih Presiden Prabowo Subianto