Kisah Nena Zakiah, 48 Kali Donor Darah Sejak Usia 17 Tahun

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 September 2024 19:35 17 Sep 2024 19:35

Thumbnail Kisah Nena Zakiah, 48 Kali Donor Darah Sejak Usia 17 Tahun Watermark Ketik
Nena Zakiah rasakan banyak manfaat dari donor darah. (Foto: Dok. Pribadi)

KETIK, SURABAYA – Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial dengan menyumbangkan sebagian darah untuk orang lain yang membutuhkan. Selain berguna untuk menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah juga memiliki manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Seperti yang dirasakan Nena Zakiah, salah satu pendonor darah yang sudah menyumbangkan darahnya sejak usia 17 tahun. Wanita kelahiran Surabaya ini mendonorkan darahnya karena ingin berkontribusi dalam kegiatan kemanusiaan.

"Ada satu momen ketika aku donor darah, aku yakin golongan darahku itu B. Karena kedua orang tuaku B juga. Tapi pada saat di cek ternyata O," jelas Nena kepada Ketik.co.id, Selasa 17 September 2024.

Hingga saat ini wanita kelahiran Surabaya ini selalu rutin mendonorkan darahnya sebanyak 48 kali. Salah satu motivasi yang membuatnya terus mendonorkan darah adalah karena beragam manfaat kesehatan yang dirasakannya.

"Tiap donor untuk kesehatan rasanya di badan lebih enteng ya. Selain itu juga kita dapat pemeriksaan kesehatan gratis seperti cek tensi, cek hemoglobin dan cek penyakit menular lainnya," tambahnya.

Berbicara persiapan setiap akan donor darah, Nena selalu berusaha menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap lolos tidaknya menjadi pendonor.

Beberapa hal yang dilakukan antara lain seperti tidur yang cukup, tidak meminum kopi dan obat-obatan dan juga perbanyak konsumsi protein hewani untuk menambah kadar hemoglobin.

"Ya intinya kalau mau donor agar lolos harus menjaga kondisi tubuh. Kalau aku sih kadang suka konsumsi daging-dagingan itu manjur banget ningkatin kadar hemoglobin," paparnya.

Ia ingin agar ke depan semakin banyak orang yang sadar tentang pentingnya donor darah. Tidak hanya sekedar kegiatan kemanusiaan, tapi donor darah juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. 

Memang diperlukan kesadaran dari masing-masing individu untuk mau mendonorkan darahnya. Oleh sebab itu, PMI diharapkan dapat lebih masif lagi dalam mensosialisasikan kegiatan donor darah.

"Mungkin PMI lebih sering lagi ya mengadakan kegiatan diluar seperti fasilitas publik untuk jemput bola mengedukasi masyarakat tentang pentingnya donor darah,"pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

donor darah PMI kesehatan Tensi Hemoglobin Kemanusiaan